Warga RW 002 Tanjung Duren Utara Jakbar Sosialisasi Simulasi Bahaya Kebakaran

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam peran sertanya pada penanggulangan kebakaran. Peran masyarakat sangat penting disetiap kebakaran yang terjadi, semakin masyarakat mengerti dan mengetahui segala hal tentang kebakaran maka dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisirkan baik harta benda maupun korban jiwa. Oleh sebab itu masyarakat harus terus menerus dibekali pengetahuan tentang bahaya kebakaran, cara penanggulangannya dan menghindari perilaku tidak baik dalam sehari-hari.

Melatar belakangi hal tersebut Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Jakarta Barat bekerja sama dengan Rukun Warga (RW) 002, membekali dengan bersosialisasi dan praktek penanggulangan kebakaran di lapangan RW. 002, Jalan Tanjung Duren Utara II, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat, Jumat(28/06/2019).

Ketua RW. 002 Kelurahan Tanjung Duren Utara H. Bonny Ramadhan saat ditemui WARTALIKA .id, menjelaskan dengan adanya kegiatan sosialisasi, simulasi pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, dari Sudin Gulkarmat Jakarta Barat.

Masih kata H. Bonny mengikuti sosialisasi penanggulangan kebakaran pada kompor gas menggunakan alat pemadam tradisional yang berupa karung goni ataupun berbentuk selimut, serta menggunakan alat pemadam api modern seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR),”jelas Ketua RW. 002.

Dalam sosialisasi ini bertujuan untuk menekan angka kejadian kebakaran di lingkungan RW. 002, Kelurahan Tanjung Duren Utara, serta memberikan keterampilan penanggulangan kebakaran pada masyarakat itu sendiri,”kata H Bonny Ramadhan.

Warga RW. 002, yang mengikuti kegiatan tersebut setelah dijelaskannya materi tentang penggunaan alat tradisional ini, Tim Damkar langsung menuju tempat lapangan terbuka untuk langsung diperagakan cara memadamkan api menggunakan alat tradisional berupa karung Goni dan APAR. Para warga RW. 002 antusias mengikuti simulasi ini dan juga dapat secara langsung mempraktekannya di lapangan.

Pewarta : Sugeng

  • Whatsapp

Pos terkait