Kantor Imigrasi Klas l Tangkap 3 Orang WNA

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Kantor Imigrasi Klas I Non TPI Jakarta Pusat menangkap 3 orang Warga Negara Asing (WNA) di kawasan Kartini, Gunung Sahari, Jakarta Pusat. 2 merupakan WNA Afghanistan, sementara 1 dari Nigeria.

Kepala Kanim Klas I Non TPI Jakpus, Is Edi Ekoputranto, mengatakan 2 WNA asal Afghanistan tersebut merupakan pengungsi berusia di bawah umur. Sementara 1 orang Nigeria ditangkap karena diduga overstay atau melebihi izin tinggal.

“Kami telah lakukan pemeriksaan. Ternyata (dari ketiga) WNA ini ditemukan identitas 2 berkebangsaan Afghanistan dan 1 Nigeria. Salah satu dari WNA diduga ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian,” kata Is Edi dalam keterangan pers di Kanim Klas I Imigrasi, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019).

Diketahui, 2 WNA asal Afghanistan yang berusia di bawah umur tersebut diduga melakukan prostitusi di Hotel OYO, Jakarta Pusat. Imigrasi masih mendalami keterlibatan prostitusi yang dilakukan dua WNA Afghanistan tersebut.

“Terkait isu prostitusi masih kita dalami. Yang jelas ketiga WNA ini satu ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian,” kata Is Edi.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan UNHCR. Kalau ditemukan prostitusi kita akan tingkatkan atau kita serahkan ke UNHCR,” imbuhnya.

2 WNA Afghanistan tersebut nantinya akan dikembalikan di tempat penampungan pengungsi di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Mereka akan mendapat pembinaan dari LSM Save the Children mengingat dua WNA tersebut masih di bawah umur.

Terkait 1 WN Nigeria yang ditangkap, Imigrasi akan mempertimbangkan untuk melakukan deportasi jika WN Nigeria tersebut memiliki bukti kuat izin tinggal melebihi batas waktu.

“Salah satu dari WNA diduga ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian pasal 78 UU 6 2011. (Jika) dalam perjalanan terhadap orang asing ini jika terbukti melanggar pasal itu, kita akan laksanakan proses beri tindakan keimigrasian berupa deportasi,” tandasnya.

Pewarta : Agung

  • Whatsapp

Pos terkait