Pemkot Jakbar Bersama ICMII Gelar Pelatihan Pembuatan Karya Tulis Ilmiah

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Menulis dan mempublikasikan karya Ilmiah bagi sebagian besar pendidik (guru) masih menjadi persoalan serius. Tidak sedikit guru yang tertunda, dan terhalang karir dan kepangkatannya disebabkan oleh tidak terpenuhinya publikasi ilmiah ini. Padahal publikasi ilmiah menjadi syarat wajib dan bagian tidak terpisahkan dari pengembangan profesionalisme dan kompetensi berkelanjutan guru.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.Tagihan angka kredit yang disyaratkan digunakan sebagai salah satu persyaratan peningkatan karir, dan kemudian sebagai acuan pemberian penghargaan secara adil, professional dan sebagai bentuk pengakuan terhadap profesi, serta kemudian memberikan peningkatan kesejahteraan.

Bacaan Lainnya

Idul Fitri 1441 H

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat bersama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMII) menggelar pelatihan pembuatan karya tulis yang diikuti 100 guru dari wilayah setempat.

Asisten Administrasi Kesejahteraan Masyarakat Jakarta Barat, Amin Haji mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan wawasan guru.

“Ada 100 guru SD sampai SMA yang mengikuti pelatihan. Mereka berasal dari delapan kecamatan di Jakarta Barat,” ujarnya, Senin (23/09/2019).

Ia berharap, pelatihan pembuatan karya tulis ini dapat diimplementasikan para guru di sekolah tempatnya mengajar. Sehingga ilmu yang diperoleh hari ini tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tapi juga orang lain.

“Saya harap karya ilmiah tidak hanya untuk meningkatkan golongan saja, tapi diterapkan di sekolah,” tandasnya.

Tujuan pelatihan karya tulis ilmiah terpublikasi adalah:
1. Meningkatkan pemahaman tentang karya tulis ilmiah bagi pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Meningkatkan kemampuan menulis karya tulis ilmiah terpublikasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan.
3. Mendesain laporan penelitian menjadi artikel ilmiah yang layak publikasi di Jurnal Ilmiah.
4. Mempublikasikan karya ilmiah ke jurnal ilmiah nasional

Pewarta : Sugeng

Pos terkait