DKI Jakarta Meraih Juara Umum Pomnas XVI 2019

  • Whatsapp
DKI Jakarta Meraih Juara Umum Pomnas XVI 2019
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih Juara Umum pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVI yang diselenggarakan di Jakarta pada 19-26 September 2019.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus meminta para atlet agar tidak mudah berpasangan di Jakarta selalu menjadi Juara Umum sejak awal pelaksanaan Pomnas selama 16 kali berlalu-turut, di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (26/09/2019) malam.

Bacaan Lainnya

“Prestasi ini perlu diperbaiki dan dipersiapkan lebih matang sejak dini untuk dipindahkan Pomnas XVII di Sumatera Barat pada 2021 mendatang,” ujar Kadispora DKI Jakarta Achmad Firdaus.

Firdaus menjelaskan raihan Provinsi DKI Jakarta dan suksesnya penyelenggaraan Pomnas XVI tidak terlepas dari kebijakan Tri Sukses, yaitu keberhasilan penyelenggaraan, keberhasilan, keberhasilan pengadministrasian, yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Prov. DKI Jakarta. Untuk menunjang pelaksanaan Pomnas XVI, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan bantuan hibah kepada Universitas Negeri Jakarta sebesar 30 miliar rupiah lebih dan bantuan pengadaan perlengkapan olahraga untuk cabor yang diperlombakan pada Pomnas kali memperoleh 11 miliar lebih.

“Sukses penyelenggaran alhamdulillah sudah selesai, sukses kita raih juara umum, dan sukses di pengadministrasian. Tentu akan kita evaluasi Pomnas ini untuk peningkatan ke depan,” ucapnya.

Ia menambahkan, membahas dengan regenerasi atlet DKI Jakarta terus dilakukan dengan baik. Atlet-atlet asal DKI Jakarta memiliki kualitas yang baik. “Pembinaan itu kita lakukan melalui PPOPB, PPOP, dan PPLM. Targetnya, kita juga bisa menjadi Juara Umum Pomnas XVII,” tandasnya.

Selain itu, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Mohamad Nasir menerima takjub dengan prestasi yang diterima oleh Provinsi DKI Jakarta. “DKI Jakarta sejak dulu selalu juara, ini memang gudangnya atlet dan para olahragawan. Oleh karena itu, pertahankan terus bisa menjadi atlet profesional ke atas, baik tingkat nasional maupun internasional,” katanya, usai membuka Pomnas XVI di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (26/09/2019) malam.

Pada kesempatan itu, Nasir juga mengapresiasi pelaksanaan Pomnas di DKI Jakarta yang berjalan dengan baik. “Saya senang sekali. Ini harus kita pelihara terus ke depan, Pomnas betul-betul bisa menghasilkan bibit atau atlet yang profesional di masa depan,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Provinsi DKI Jakarta mampu mendulang 76 medali emas, 53 perak, dan 33 perunggu. Sementara juara ke-2 berhasil diraih Jawa Barat dengan perolehan sebanyak 81 medali, dengan meraih 24 emas, 20 perak, dan 37 perunggu. Sementara, di posisi tiga diraih Jawa Tengah dengan persetujuan sebanyak 73 perolehan, 22 emas, 17 perak, dan 34 perunggu.

Pomnas XVI kali ini sebanyak 6.441 atlet dari lebih 500 perguruan tinggi yang ada di 34 provinsi. Ada 19 cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang pesta olahraga antar mahasiswa se-Indonesia dua tahunan ini.

Pewarta : Sugeng

Pos terkait