Lurah Semanan: Masih Ada Masyarakat Yang Belum Mempunyai Sanitasi

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Salah satu permasalahan sanitasi yang ada di Ibu Kota adalah ratusan ribu penduduk Jakarta masih belum punya septic tank. Hal tersebut seperti yang dialami warga Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, karena minimnya septic tank di kawasan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Semanan Bayu Fadayen Gantha mengakui, bahwa masih ada warga atau masyarakat yang belum mempunyai Sanitasi (MCK memadai) dan yang paling banyak berada di RW 01, 05 dan 07.

Bacaan Lainnya

Idul Fitri 1441 H

“Kita juga sudah melakukan langkah upaya melalui sosialisasi. Kita berikan data nama dan alamat kepada ketua RW dan RT untuk disampaikan kepada warganya,” ujar Bayu saat dikomfirmasi, Sabtu (26/10/2019).

Selain itu, pihaknya juga sudah menggandeng salah satu koperasi terkait masalah pendanaan dan pembiayaan pembuatan septic tank untuk sanitasi yang lebih baik.

Bayu menyimpulkan, yang menjadi permasalahan utamanya terkait pembiayaannya. Maka itu pihaknya menggandeng salah satu koperasi sebagai salah satu solusi untuk pembiayaan septic tank.

“Selama ini kita terus berupaya mendorong warga agar memiliki septic tank pribadi di rumahnya,” imbuh Bayu.

Berdasarkan informasi, ada 1.608 rumah di lima Kelurahan Kecamatan Kalideres yang tidak memiliki septic tank. Diantaranya Tegal Alur sebanyak 618 rumah, kemudian Semanan 582 rumah, dan Kamal 376 rumah. Sisanya Pegadungan 13 rumah serta Kalideres 15 rumah.

Pewarta : Sugeng

Pos terkait