Dinsos DKI Peringatan Hari Disabilitas Internasional

  • Whatsapp
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sosial menggelar acara peringatan Hari Disabilitas Internasional, di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Otista Jakarta Timur, Senin (16/12*2019).

Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah bersama Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Zainal, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Achmad Firdaus, dan jajaran pejabat lingkup Pemprov DKI Jakarta lainnya.

Bacaan Lainnya

Peringatan Hari Disabilitas Internasional jatuh pada 3 Desember. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Disabilitas Internasional pada 1992. Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma negatif terhadap penyandang disabilitas, serta memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan difabel. Di Indonesia, hal tersebut diterjemahkan dalam tema “Indonesia Inklusi : Disabilitas Unggul”.

“Hal ini tentunya dapat dijadikan momentum perlindungan dan pemenuhan hak-hak disabilitas, khususnya disabilitas yang berada di DKI Jakarta. Karena pada dasarnya negara menjamin hak hidup warga negara termasuk penyandang disabilitas,” ungkap Irmansyah saat memberikan sambutan.

Pemprov DKI dalam hal ini, lanjut Irmansyah, telah berupaya memaksimalkan proses pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, diantaranya pembuatan Raperda Penyandang Disabilitas sebagai revisi dari Perda Nomor 10 tahun 2011 tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas sesuai amanat UU No.8 Tahun 2016.

Tak hanya itu, dilakukan juga rekrutmen pegawai baik ASN maupun PJLP dari kalangan penyandang disabilitas. Pemprov DKI juga telah melaksanakan perbaikan sejumlah fasilitas umum yang aksesible bagi penyandang disabilitas ke depannya.

Pada 2019, Pemprov DKI sudah memberikan bantuan sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) senilai Rp300ribu per orang per bulannya bagi penyandang disabilitas di Provinsi DKI Jakarta sebanyak 7.137 orang. “Penyerahan bantuan ini akan dilanjutkan pada 2020 mendatang sebanyak 11.422 orang atau bertambah sebanyak 4.285 penyandang disabilitas,” tutur Irmansyah.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada sejumlah atlet disabilitas berprestasi di Provinsi DKI Jakarta.

Gelaran peringatan Hari Disabilitas Internasional tingkat Provinsi DKI Jakarta ini berlangsung selama dua hari, pada 16-17 Desember 2019. Acara ini diramaikan dengan sejumlah kegiatan menarik lainnya, seperti talkshow oleh SKPD terkait seperti Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pemuda dan Olahraga, Badan Kepegawaian Daerah, Dirlantas Polda Metro Jaya dan Thisable Enterprise.

Tak hanya itu, dalam acara ini penyandang disabilitas dapat mengikuti berbagai lomba, yakni lomba menyanyi, menari, stand up comedy, melukis, dan menari beregu.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membuka wawasan kita dan masyarakat akan potensi yang dimiliki penyandang disabilitas. Sehingga nantinya dapat menghapus stigma negatif terhadap penyandang disabilitas,” tutup Irmansyah.

Pos terkait