Gencarkan Generasi Milenial Soal Pertanian

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 109 dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 63 terpilih untuk melaksanakan program Pertanian Masuk Sekolah (PMS) yang digagas Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, untuk menyukseskan program tersebut pihaknya bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) telah memberikan bimbingan teknis (Bimtek) di kedua sekolah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami mengedukasi agar pertanian perkotaan atau urban farming di dua sekolah itu dapat terimplementasikan dengan baik,” ujarnya, Selasa (24/12/2019).

Mujiati menjelaskan, program Petani Masuk Sekolah merupakan kegiatan budi daya pertanian yang dilaksanakan peserta didik dan guru di lingkungan sekolah.

“Peserta didik ini adalah generasi milenial. Mereka menjadi tumpuan harapan kita di masa depan,” terangnya.

Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto menambahkan, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang budi daya pertanian, dan menumbuhkan semangat para murid menjadi agripreneur.

“Tidak kalah penting, program Petani Masuk Sekolah juga bertujuan meningkatkan ketersediaan dan akses pangan,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan Bimtek menghadirkan narasumber yang berkompeten seperti, Indarti Puji Lestari yang memberikan materi Inovasi Teknologi Urban Farming, Lukman Hakim terkait Pengolahan Limbah Organik untuk Pertanian, serta M Nur yang fokus pada Budi Daya Pertanian di Perkotaan.

“Kami ingin pertanian perkotaan di Jakarta bisa berkembang semakin luas dan banyak generasi muda yang terlibat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 63, Valentina Purnama Dewi sangat mengapresiasi program Petani Masuk Sekolah dan Bimtek yang diberikan Dinas KPKP bersama BPTP DKI Jakarta

“Program ini sangat bermanfaat bagi peserta didik kami sebagai generasi milenial agar ke depan bisa semakin yakin dengan prospek pertanian, termasuk untuk mendapatkan penghasilan,” tandasnya.

Pos terkait