Pemprov DKI MoU Dengan LLDIKTI Wilayah III

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, persetujuan perjanjian bersama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, di Balairung, Balaikota Jakarta, Kamis (26/12/2019) .

Nota kesepakatan ini memberikan kerja sama dalam penerapan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga :

Pencegahan Covid 19

Saefullah mengungkapkan, dengan peran LLDIKTI Wilayah III yang menaungi perguruan tinggi di wilayah Jakarta, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, diharapkan dapat terjalin kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan perguruan tinggi di Jakarta dalam pengembangan pendidikan, penelitian juga pengabdian masyarakat di jumlah pembagian. Terkait ruang persetujuan bersama ini, yaitu pemerintahan, keuangan dan keuangan, pembangunan dan lingkungan hidup, serta kesejahteraan masyarakat.

“Saya menyambut baik maksud kesepakatan bersama, yaitu untuk mewujudkan hubungan saling mendukung, saling menghargai, berdasarkan prinsip keadilan, serta keseimbangan sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan dalam Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian untuk Masyarakat. Sekaligus juga untuk pengembangan kerja sama di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi,” ungkap Saefullah.

Kesepakatan bersama ini berlaku selama 12 bulan dari penandatanganan kesepakatan. Sebagai pilot project, diawali dengan pendampingan Program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu untuk UMKM di Jakarta. Kendati demikian, tidak membahas tentang kerja sama dengan turunan yang membutuhkan lebih banyak lagi perguruan tinggi dalam jangka waktu yang lebih panjang, untuk menyediakan solusi atas berbagai perbedaan di Jakarta. Memiliki 100 perguruan tinggi yang terseleksi dan bergabung dalam perjanjian bersama ini.

Berkelanjutan, sebelumnya, pada tanggal 25 September 2019, telah mengadakan pertemuan dengan 100 perguruan tinggi di Jakarta melalui fasilitasi LLDIKTI Wilayah III Jakarta dan Biro Perekonomian Setda Provinsi DKI Jakarta. Pertemuan tersebut memperkenalkan Program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu dari 7 Perangkat Daerah Provinsi DKI Jakarta, yaitu Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan; Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi; Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian; Dinas Pariwisata dan Kebudayaan; serta Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Dinas Sosial.

Sebanyak lebih dari 100.000 UMKM telah bergabung dalam Program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu sejak tahun 2018 yang memberikan peluang bagi semua pihak, tidak terkecuali perguruan tinggi untuk mendukung keberhasilan para UMKM tersebut. Melalui perjanjian bersama Pemprov DKI Jakarta dan LLDIKTI Wilayah III ini, Dosen Perguruan Tinggi dapat berpartisipasi aktif dalam program mengawal atau mendampingi tersebut.

Lebih lanjut, Saefullah menuturkan, kesepakatan bersama ini dibuat juga untuk mewujudkan kolaborasi Jakarta.

“Kota Jakarta sedang berevolusi menuju Kota Kolaboratif , atau disebut dengan istilah Kota 4.0. Dengan merujuk pada ini, Pemprov DKI Jakarta tidak hanya bertindak sebagai administrator, penyedia layanan melalui fasilitator, tetapi merupakan pihak yang terbuka untuk bekerja sama, berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat dalam pembangunan dan menyelesaikan berbagai kesepakatan di Jakarta, ” imbuh Saefullah.

Setelah Penandatanganan Kesepakatan Bersama ini, diharapkan para pihak segera menindaklanjuti menjadi tindakan / tindakan konkret untuk Jakarta yang lebih baik.

“Melalui koordinasi LLDIKTI Wilayah III, tidak hanya di program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu, tetapi juga program-program lain di seluruh bidang urusan, baik pemerintahan, pemerintahan dan keuangan, pembangunan dan lingkungan hidup, lingkungan masyarakat, juga hal-hal yang saya sampaikan, saya berharap pascapenandatanganan perjanjian bersama ini dapat memunculkan banyak solusi untuk masyarakat Jakarta,” pungkas Saefullah.

Pos terkait