PSBKW Harapan Mulia Panen Sayuran Hidroponik

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Warga binaan sosial Panti Sosial Bina Karya Wanita (PSBKW) Harapan Mulia memanen sejumlah sayuran yang merupakan hasil dari budidaya hidroponik, yakni kangkung sebanyak 5kg, bayam hijau 2kg, bayam batik 0,9kg, dan pokcay 2kg, Kamis (26/12/2019).

Kepala PSBKW Harapan Mulia, Susi Suzana mengungkapkan pemanfaatan hidroponik yang baru dilakukan sebulan terakhir ini, awalnya bertujuan untuk mengisi waktu luang warga binaan dalam menjalani keseharian di panti. Seiring berjalannya waktu, dirinya berminat menjadikan hidroponik ini menjadi suatu kegiatan rutin bagi warga binaan karena akan berimbas dalam hal positif.

Bacaan Lainnya

Pencegahan Covid 19

“Jadi memang ini salah satu terobosan yang kami buat. Sekarang kalau kita lihat, supermarket banyak menjual sayuran yang tentunya sehat. Nah, dari hidroponik ini bisa didapat tanaman yang sehat dan bermanfaat. Selain itu, hasil panen juga bisa dikonsumsi warga binaan, bisa dijual nantinya agar warga binaan punya keahlian dan bisa mandiri,” papar Susi.

Budidaya hidroponik ini awalnya digagas secara mandiri. Ketika melihat prospek yang ada, Susi pun berkirim surat ke Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta. “Nah dari situ, Dinas KPKP memberi sejumlah peralatan lengkap hidroponik dan kami menjalaninya dengan tekun,” tambahnya.

“Harapannya, dengan adanya tanaman hidroponik ini warga binaan bisa dibekali cara budidaya, bisnis sayuran, sehingga ke depan mereka tidak kembali menjadi tuna susila,” tutupnya.

Pos terkait