Disdik DKI Terapkan Sekolah Ramah Anak

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Dinas Pendidikan DKI Jakarta terus berkomitmen agar seluruh sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan yang sederajat ramah terhadap anak.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan, Sekolah Ramah Anak (SRA) diwujudkan dengan menciptakan lingkungan kegiatan belajar dan mengajar (KBM) yang nyaman.

Bacaan Lainnya

“Kami ingin sekolah itu menjadi rumah kedua bagi peserta didik. Mereka bisa belajar, berkomunikasi dan berinterkasi dengan baik,” ujarnya, Kamis (30/1/2020).

Sementara itu, Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat menambahkan, pihaknya sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Anak yang mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 86 Tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Bagi Peserta Didik di Satuan Pendidikan dan Lingkungan Satuan Pendidikan.

Menurutnya, dalam Pasal 8 Ayat 1 Pergub tersebut dicantumkan tugas Satgas untuk menciptakan lingkungan pertemanan yang bebas dari diskriminasi dan tindak kekerasan dan berpartisipasi aktif dalam rangka pencegahan tindak kekerasan. Apabila ada peserta didik yang melakukan tindak kekerasan, para satgas wajib membina dengan memberikan teguran lisan, teguran tertulis serta tindakan yang bersifat edukatif.

“Satgas sudah kita bentuk di tingkat provinsi, kabupaten, kota dan sekolah. Kita akan gencarkan lagi Satgas ini agar lebih efektif dan optimal,” tandasnya.

Pos terkait