Hadirkan Peluang dan Ide Usaha Ramah Lingkungan

  • Whatsapp
HARI LAHIR PANCASILA

WARTALIKA.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengadakan Pasar Naturalé pada hari Sabtu dan Minggu, 22-23 Februari 2020 di Thamrin 10 Food & Creative Park, Jakarta Pusat.

Pasar Natural hadir dalam rangka selebrasi atas Jakpreneur, yaitu platform kreasi, fasilitasi dan kolaborasi pengembangan UMKM oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui ekosistem kewirausahaan, seperti dunia pendidikan, dunia usaha, masyarakat umum, dan pihak-pihak lain. Acara ini akan menampilkan beragam aktivitas menarik seperti Bazaar, Kids Corner, Workshop dan Talkshow, Urban Farming, dan Entertainment seperti musik akustik.

Bacaan Lainnya

Idul Fitri 1441 H

Bazaar dalam acara Naturalé Market akan menyajikan produk-produk alami dan ramah lingkungan, mulai dari hasil pertanian non-olahan dan olahan, tanaman hidroponik, hingga kebutuhan rumah tangga. Selain itu akan hadir berbagai macam Workshop & Talkshow yang dapat dihadiri secara gratis.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta, Elizabeth Ratu Rante Allo, gelaran ini dapat menjadi wahana berbagi ilmu dan keahlian di bidang industri, serta pencetus ide usaha baru yang ramah lingkungan.

“Saat ini, masyarakat juga sudah semakin sadar dengan produk yang ramah lingkungan dan aman untuk digunakan sehari-hari. Berangkat dari hal tersebut, dan mendukung peraturan-peraturan Pemprov DKI yang mendorong perbaikan lingkungan,

Jadwal Lengkap Workshop & Talkshow dalam acara Naturalé Market sebagai berikut (Pendaftaran workshop dapat dilakukan melalui tautan: bit.ly/workshopnaturale):

Sabtu, 22 Februari 2020
1. Pukul 10.00 – 11.30. Workshop & Talkshow oleh Komunitas Rimbun. Workshop dilengkapi permainan seru meluncurkan jenis tanaman buah dan sayur, dengan cara yang menarik khusus untuk anak-anak. Durasi 1,5 jam dengan kapasitas 50 – 60 orang.
2. Pukul 12.30 – 14.00. Talkshow oleh Komunitas Trash Hero. Talkshow tentang sukarelawan sampah dunia ini dimeriahkan permainan pilah-pilah sampah dengan hadiah buah-minuman segar dari TANIHUB.
3. Pukul 14.00 – 16.00. Workshop Natural Bar Soap oleh Jakarta Creative Hub. Peserta diajari membuat sabun padat sesuai keinginan.
4. Pukul 14.20 – 15.00. Talkshow TaniHub. Talkshow ini memperkenalkan TaniHub sebagai aplikasi teknologi yang dirancang untuk para pemilik usaha khusus UMKM.

Minggu, 23 Februari 2020
1. Pukul 08.00 – 10.00. Workshop Natural Lipbalm oleh Jakarta Creative Hub menggunakan bahan-bahan alami dan aman untuk dipakai anak kecil.
2. Pukul 10.00 – 12.00. Workshop Shibori oleh Jakarta Creative Hub, yaitu praktik membuat batik dengan teknik Shibori. Shibori merupakan teknik membuat pola pada bahan yang berasal dari Jepang dengan dicelupkan seperti pada jumputan. Peserta akan mempelajari dasar-dasar membuat pola dan bentuk unik melalui teknik Shibori, yaitu Sisir Madu, Itajime, dan Kanoko.
3. Pukul 14.10 – 16.10. Talkshow & Workshop oleh Komunitas Jakarta Berkebun. Talkshow ini akan mengenalkan cara mudah berkebun di rumah dari bahan-bahan yang ada. Talkshow juga dilengkapi praktik berkebun. Kapasitas 50 – 60 orang.

Selain itu, juga tersedia Instalasi Perkebunan Kota hasil kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta dengan TANIHUB selama 2 hari digabungkan. Dalam instalasi ini, pengunjung dapat melihat penerapan konsep pertanian urban atau pemanfaatan ruang terbuka menjadi lahan hijau yang produktif. “Kami berharap semoga acara ini dapat memberikan gambaran kepada peserta tentang peluang bisnis di bidang industri yang ramah lingkungan, agar peserta dapat membuka sendiri usaha di bidang lokakarya yang diadakan,” tambah Elizabeth, Plt Kadis PPKUKM.

Elizabeth juga menambahkan, bagi peserta yang tertarik mengikuti workshop dan talkshow Naturalé Market dapat segera mendaftar di tautan yang telah disediakan, dan terus mengakses informasi tentang Naturalé Market di kanal sosial media DKI Jakarta.

Pos terkait