PMII Jakarta Utara Bagikan Sembako di Perkampungan Nelayan Kalibaru

  • Whatsapp
PMII Cabang Jakarta Utara
HARI LAHIR PANCASILA

WARTALIKA.id – Pengurus cabang pergerakan mahasiswa Islam Indonesia Jakarta Utara (PMII JAKUT) kembali melakukan bakti sosial ditengah pandemi Covid-19 bertajuk “Gerakan Peduli Covid-19 PMII Jakarta Utara”. Kali ini pembagian sembako dilakukan di kampung nelayan di Wilayah RW. 04 Kelurahan Kalibaru, Jakarta Utara.

Gerakan Peduli  Covid-19 PMII Jakarta Utara tersebut dilakukan sebagai tanggung jawab sosial, sebab PMII Jakut terletak di wilayah pesisir Utara Jakarta. Perhatian terhadap wilayah pesisir yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan karena wabah covid-19 sangat berpengaruhi terhadap kehidupan perekonomian komunitas nelayan terutama penurunan penghasilan karena dampak wabah Covid-19, sehingga berdampak buruk bagi ekonomi para nelayan.

Bacaan Lainnya

Idul Fitri 1441 H

Oleh sebab itu PMII Jakarta Utara, turun langsung membagikan puluhan sembako dan masker yang telah didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat pesisir. Rabu, (20/05/2020).

Ketua pelaksana kegiatan Danty mengatakan, hari ini PMII Jakarta Utara kembali turun membagikan bantuan kepada masyarakat di wilayah sekitar pesisir Utara yaitu daerah Kalibaru (tempat pelelangan ikan) atau biasa disebut sebagai daerah ‘kampung nelayan.

“Banyaknya keluh kesah dari masyarakat kampung nelayan yang terdampak akibat covid-19, harga jual ikan hasil tangkapan nelayan di tengah wabah virus corona mengalami penurunan, disamping cuaca yang juga sedang tidak baik sehinggan bantuan dari pemerintah sangat dibutuhkan. Maka daripada itu , PMII Jakut terjun langsung ke lapangan sebagai upaya dalam membantu pemerintah dalam memberikan puluhan bantuan berupa sembako  bagi masyarakat kampung nelayan untuk warga yang belum tersentuh atau tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah,” beber Danty.

Kegiatan tersebut, didampingi oleh pihak Rukun Warga dan Rukun Tetangga setempat untuk mempermudah proses pendistribusian sembako dan masker ke masyarakat nelayan. Menurut Ketua RT.013 RW.004 Kalibaru, Elis mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran para mahasiswa PMII Jakut yang telah hadir di wilayahnya.

“Saya bersyukur dan ingin berterimakasih kepada organisasi PMII Jakarta Utara yang telah datang langsung ke wilayah kami (kampung nelayan) dan membantu masyarakat kami yang kena imbas akibat covid-19. Apalagi di daerah ini penduduknya rata-rata lansia dan anak yatim dan juga sebagian dari mereka tidak tersentuh bantuan dari pemerintah. Semoga PMII Jakarta Utara selalu dimudahkan urusan nya,” ungkap Elis.

Wakil Ketua PMII Jakut, Fuad Syahrudin yang hadir mewakili  ketua cabang PMII Jakut sahabat Fathan Mandela yang tidak bisa hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan dilakukan di wilayah kalibaru karena bentuk perhatian PMII Jakut terhadap perkampungan nelayan sebab PMII Jakut sendiri terletak di wilayah pesisir Utara dan tentunya virus berdampak pada perekonomian para nelayan.

“Kali ini saya menggantikan ketua cabang PMII Jakut yang tidak bisa hadir karena ada agenda lain yang memandatkan untuk saya mengawal proses pendistribusian sembako dan masker di Kampung Nelayan Kalibaru. Pendistribusian sembako dan masker oleh PMII Jakut sendiri karena PMII Jakut berada di wilayah Jakarta Utara yang dekat dengan laut, oleh sebab itu kami harus memperhatikan kondisi warga pesisir khususnya di perkampungan nelayan karena pada kondisi saat ini ekonomi kaum nelayan juga terganggu,” kata Fuad.

Lebih lanjut, Fuad berharap pemberian sembako dan masker yang dilakukan PMII Jakut  dapat meringkan kebutuhan hidup masyarakat di tengah wabah virus Corona.

“Ya Alhamdulillah, telah selesai pembagian sembako dan masker mudah-mudahan dapat bermanfaat dalam meringankan kebutuhan masyarakat di perkampungan nelayan Kalibaru dimasa pandemi virus Corona dan semoga virus ini cepat berakhir,” tutupnya. [Rls]

Pos terkait