Perempatan Traffic Light Pesing di Tanam Bougenville

  • Whatsapp
Perempatan Traffic Light Pesing di Tanam Bougenville

WARTALIKA.id – Usai dicat warna warni agar terlihat lebih indah dimata, kini perempatan Traffic light Pesing, Grogol Petemburan, Jakarta Barat, ditanami bunga Bougenville.

Camat Grogol Petamburan (Gropet), Didit Sumaryanta mengatakan, tanaman jenis bougenville dipilih sebagai salah satu tanaman yang mampu menyerap polusi udara. Selain memiliki nilai hias untuk lanskap wilayah, tanaman ini mampu meredam getaran suara, dan dapat memelihara keadaan lingkungan, seperti suhu dan kelembapan.

“Tanaman bougenville tak memerlukan perawatan khusus. Mudah untuk dirawat,” kata Didit.

Menurutnya, tidak hanya tanaman bougenville. Sejumlah pot lainnya juga ditanami asoka. Karena tanaman asoka juga memiliki nilai keindahan dan dapat tumbuh meski dalam kondisi cuaca terik matahari.

“Kegiatan penanaman tumbuhan dalam pot ini menjadi bagian dari pemanfaatan ruang kosong agar ditata rapih. Ini dilakukan agar kawasan itu tidak terlihat kumuh dan gersang,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Lurah Wijaya Kusuma, Novi Indria Sari menjelaskan, beutifikasi perempatan traffic light Pesing dilatarbelakangi kondisi kawasan yang gersang dan panas. Kondisi itu tentunya membuat para pengguna jalan merasa jenuh dan membosankan.

“Awalnya hanya mengamati dan merasakan saat berhenti di lampu merah Pesing. Lumayan agak lama menunggu lampu hijau. Suasana selalu ramai. Penuh kendaraan dan lalu lalang orang menyebrang jalan.Belum lagi ditambah cuaca panas dengan pemandangan yang agak membosankan,” sebut Novi.

Kemudian atas dasar itu, Novi membuat terobosan dengan menyulap lajur tengah perempatan traffic light Pesing yang gersang dan panas menjadi rapih, indah,dan tidak membosankan.

Terobosan yang dibuatnya adalah menata kawasan dengan membuat ornamen warna warni dan penempatan sejumlah tanaman dalam pot berukuran besar yang diletakkan pada bagian tengah.

Selain beautifikasi perempatan trrafic light Pesing,Lurah Wijaya Kusuma juga menata lingkungan kolong fly over. Dua dinding beton penyangga fly over dibuat ornamen lukisan budaya Betawi. Maupun dua dinding beton lainnya dalam rencana pembuatan.

“Rencana beautifikasi lainnya adalah penataan taman interaktif di kompleks perumahan Duta Mas, tepatnya didepan Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan,” ungkapnya.

  • Whatsapp

Pos terkait