Tinjau Mal dan Pasar, Ariza Pastikan Aturan Pelarangan Kantong Plastik Berjalan Baik

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau Mal Senayan City dan FX Sudirman, maupun pasar Bendungan Hilir yang dikelola Perumda Pasar Jaya, Minggu (5/7).

“Kedatangan ke tempat pusat perbelanjaan untuk memastikan pelaksanaan Pergub 142/2019 tentang penggunaan kantong ramah lingkungan, untuk pedagang maupun pengelola mal tidak
menggunakan kantong plastik,” ujar Ariza.

Sebagai informasi, Pemprov DKI pada Rabu 1 Juli 2020 telah memberlakukan kebijakan tersebut, pihak Perumda Pasar Jaya juga telah menyosialisasikan larangan penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai selama enam bulan, terhitung sejak bulan Desember 2019.

Mantan anggota DPRD DKI ini meminta agar Pergub 142/2019 dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga, seluruh komponen di dalam pusat perbelanjaan, baik pengelola mal, pasar, pertokoan, toko modern, ritel hingga pasar rakyat menggunakan kantong ramah lingkungan dan tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai.

“Jadi ketentuannya harus disiapkan oleh kios dan pedagang, yang dapat diperoleh oleh pengunjung. Alhamdulillah tadi sudah dilaksanakan,” kata Ariza.

Selain meninjau penerapan Pergub 142/2020, Ariza juga memastikan penerapan protokol kesehatan, khususnya di fase perpanjangan PSBB transisi saat ini. Ia meminta agar asosiasi pusat perbelanjaan melakukan standarisasi protokol kesehatan, baik di mal maupun pasar tradisional.

“Sekalipun ada pelonggaran, kami minta pelaksanaan protokol Covid-19 tetap dilaksanakan. Petugas maupun traffic flow dan wastafelnya diperbanyak,” paparnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasruddin, dan anggota DPRD DKI Jakarta.

  • Whatsapp

Pos terkait