Personel Gabungan Awasi Pelaksanaan Car Free Day di Jakarta Barat

  • Whatsapp
Personel Gabungan Awasi Pelaksanaan Car Free Day di Jakarta Barat

WARTALIKA.id – Saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), atau car free day (CFD) di kawasan Hayam Wuruk, Kecamatann Taman Sari dan Jalan CNI, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat kembali ramai dikunjungi masyarakat di hari Minggu (26/7/2020).

Terlihat sejumlah personel gabungan dari Dinas Perhubungan DKI, TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dikerahkan untuk mengamankan  dan penjagaan di sejumlah titik lokasi di kawasan tersebut.

“Kami bersama kepolisian dan TNI serta Satpol PP melakukan pengamanan dan himbauan kepada masyarakat yang beraktivitas pada saat HBKB di kawasan CNI Kembangan Selatan dan Jalan Hayam Wuruk,” ujar Pengawas Sudin Perhubungan Jakarta Barat Sarnubih.

Selain itu, petugas gabungan juga menerapkan kegiatan OK Prend (Operasi Kepatuhan Peraturaan Daerah) dalam menegakan peraturan gubernur No 51 tahun 2020 tentang penggunaan masker.
Tujuannya agar masyarakat di Jakarta semakin disiplin menggunakan masker sebagai langkah upaya antisipasi penyebaran wabah COVID-19.

Adapun pola operasi yang diterapkan adalah pemeriksaan dan pengawasan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker. Sedangkan bagi para pelanggar, akan dikenakan sanksi kerja sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi orange.

Personel Gabungan Awasi Pelaksanaan Car Free Day di Jakarta Barat

Lebih lanjut menurutnya, berdasarkan hasil pemantauan kegiatan di Kawasan Khusus Pesepeda yang ada di Kecamatan Taman Sari terdapat 1.425 warga yang melakukan aktivitas olahraga berjalan kaki dan 8.279 menggunakan sepeda.

“Untuk lokasi di wilayah Kecamatan Kembangan tercatat sebanyak 6.284 pesepeda dan 3.783 pejalan kaki,” jelasnya.

Dia menilai dari data yang ada nampak warga saat di Kawasan Khusus Pesepeda di dua lokasi itu cukup tinggi.

“Kita berharap warga selalu taat dan memahami protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku,” kata Sarnubih.

Sementara Kasatpol PP Kelurahan Pegadungan Anto, menambahkan ada tiga pelanggar pengunjung yang tidak memakai masker dan langsung diberikan sangsi sosial berupa menyapu jalan.

“Sesuai aturan ditetapkan, anak usia di bawah 9 tahun dan lansia juga tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan di Kawasan Khusus Pesepeda. Kami juga menghimbau warga tetap menjaga jarak dan tidak berkumpul atau nongkrong  di satu titik tertentu.,” urainya.

  • Whatsapp

Pos terkait