Peduli Lingkungan, Warga RW 07 Semanan Dirikan Bank Sampah

WARTALIKA.id – Warga RW 07 Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat membuktikan kepedulian mereka terhadap lingkungan, terutama dalam mengelola sampah.

Hal tersebut dibuktikan dengan mendirikan Bank Sampah Komunitas Pencinta Alam (KPA) Mookervart pada Program Kearifan Lokal RW 07, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga :

Ketua RW 07 Sumaedi menjelaskan, tujuan utama pendirian bank sampah KPA Mookervart adalah untuk membantu pemerintah dalam menangani pengolahan sampah, khususnya diwilayah Kelurahan Semanan.

“Bank sampah ini kita dirikan tujuannya sekaligus secara tidak langsung mengajak masyarakar untuk sadar akan kebersihan lingkungan yang bersih, sehat dan rapi,” ujarnya.

Selain itu, dia juga berkomitmen mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat. Baik itu sampah organik maupun sampah non organik.

“Ini didirikan kerana adanya rasa keprihatinan kami akan lingkungan yang semakin lama dipenuhi dengan sampah. Padahal seperti sampah plastik maupun sampah lainnya bisa dijadikan pupuk sehingga memiliki nilai ekonomis,” paparnya.

Sementara itu, Lurah Semanan Bayu Fadayen Gantha mengatakan, pihaknya sangat mengaspresiasi dan mudah-mudahan dengan adanya program bank sampah ini khususnya warga di RW 07 bisa memunculkan motivasi terhadap sampah organik dan non organik.

“Kami berharap bank sampah KPA Mookervart yang ada di RW 07 berjalan lama dan tidak hanya sebentar,” imbuhnya.

Pos terkait