PMI Jakarta Barat Pasang 56 Wastafel Portable di Kelurahan Kapuk

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Guna mengantisipasi pencegahan penyebaran Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat menyalurkan bantuan berupa 56 tempat untuk cuci tangan (wastafel) portabel di sejumlah titik fasilitas umum di Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng. Kamis (13/8/2020).

Selain itu, PMI Jakbar juga memberikan bantuan sebanyak 550 unit alat semprot manual dan 3.300 pcs cairan disinfektan yang akan diberikan kepada seluruh RW di 33 Kelurahan dan 4 RW prioritas di 23 Kelurahan.

Bacaan Lainnya

Ketua PMI Jakarta Barat, Baharuddin mengatakan, PMI Jakbar telah melakukan berbagai upaya menangani pencegahan penularan Covid-19, diantaranya melakukan penyemprotan disinfektan pada 1.457 titik dan penyaluran distribusi bantuan dalam Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) di wilayah Jakarta Barat.

“Selain pemasangan wastafel portabel cuci tangan di Kelurahan Kapuk juga terpasang dibeberapa titik lokasi, diantaranya rumah ibadah, sekolah, RPTRA, pasar dan taman,” ujar Baharuddin.

Penggunaan wastafel portabel cuci tangan diresmikan oleh Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi yang juga menjabat sebagai Ketua PMI DKI Jakarta. Kemudian diisi dengan gerakan mencuci tangan yang dilakukan relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) PMI tingkat Kelurahan Kapuk, Cengkareng.

Disisi lain, Rustam kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Sehingga perlu kewaspadaan penuh untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

“Ada dua hal penting yang kita sikapi dalam mewaspadai penularan Covid-19, yaitu melakukan gerakan 3M yakni Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak serta melaksanakan penyemprotan disinfektan,” jelas Rustam.

Untuk penyemprotan disinfektan, kata dia, merupakan cara ampuh untuk membunuh atau mematikan virus Corona.

“Seperti penyemprotan dilakukan secara menyeluruh pada tempat-tempat pelayanan publik, seperti kantor pemerintahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, taman, dan sebagainya,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Lurah Kapuk Ujang Sungkawa berharap bantuan westafel ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi masyarakat.

“Kami juga menghimbau warga menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBD) serta menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tandasnya.

Pos terkait