Pemkot Jakbar Bentuk Tim Tindak Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Memasuki hari kedua diberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid dua, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat membentuk tim penindakan dan pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19.

Tim yang akan disebar ke delapan Kecamatan ini dipimpin oleh Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko di halaman kantor wali kota, Jalan Raya Kembangan, Selasa (15/9/2020).

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu turut hadir para asisten, Camat dan sejumlah pimpinan unit lingkungan Pemkot Jakarta Barat

Masing masing tim terdiri atas delapan petugas gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Sudis Perhubungan. Mereka bertugas patroli di wilayah kecamatan menggunakan sepeda motor.

“Ini tugas kita, yakni pelayanan kepada masyarakat untuk melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat di wilayah Jakarta Barat,” ujar Yani

Ia mengatakan, bahwa tim ini bekerja 24 jam secara mobile. Tugas mereka selain melakukan penindakan juga pengimbauan terhadap disiplin protokol kesehatan Covid-19 di wilayah Kecamatan sesuai penugasan.

“Kalau dibutuhkan akan dilakukan penambahan personel,” ucapnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan sesuai Pergub 79/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan Covid-19.

Namun jika ditemukan individu yang tidak melakukan kewajiban perlindungan kesehatan atau tidak pakai masker, maka dikenakan sanksi kerja sosial satu jam atau denda Rp 250 ribu.

“Apabila melanggar lagi akan dikenakan sanksi kerja sosial dua jam dan denda yang lebih tinggi,” tegas Yani.

Termasuk sektor usaha. Jika ada yang positif Covid-19 akan ditutup selama 24 jam untuk dilakukan penyemprotan.

“Tapi, yang paling penting bukan dendanya, melainkan bagaimana penyelamatannya, masyarakat bisa selamat dan sehat,” jelas dia.

Pos terkait