Hadiri HPN 2019, Jokowi Terima Penghargaan Kemerdekaan Pers

  • Whatsapp
HPN 2019 Kemerdekaan Pers Jokowi

WARTALIKA.id – Kehadirin Presiden Jokowi pada acara puncak Hari Pers Nasional, HPN 2019 di Grand City, Surabaya, Jawa Timur membuatnya didaulat menerima penghargaan Kemerdekaan Pers. Penghargaan itu diserahkan langsung Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo.

Penanggung Jawab HPN 2019 Margiono menjelaskan, penghargaan Kemerdekaan Pers diberikan karena sebagai pemimpin negara, Jokowi dianggap sudah menjamin kebebasan pers.

“Biarkan ini keinginan dari kami untuk memberikan apresiasi kepada pejabat tertinggi negara, karena tidak pernah mencederai kehidupan pers dan selalu mendukung kemerdekaan pers,” kata Margiono di Grand City, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/2/2019).

Selain Jokowi, ada beberapa tokoh lain yang juga mendapatkan penghargaan dalam acara puncak Hari Pers Nasional ini. Semisal Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang mendapatkan Digital Award.

Selain itu Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendapatkan Anugerah Kepedulian Pers kategori instansi pemerintah.

Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) juga tak luput mendapat penghargaan dalam acara ini. OSO menerima penghargaan Warta Bakti Utama.

Selain itu, dalam puncak HPN Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mendapatkan Anugerah Perintis Pers.

Selanjutnya penghargaan pers Adinegoro yang diwakili anugerah Lifetime Achievement Award diberikan untuk Syafik Munir (wartawan Harian Pikiran Rakyat), Penghargaan Kepeloporan Bidang Media untuk Radio Elshinta dan Kategori Jurnalistik Televisi untuk Anton Bachtiar Rifai (wartawan Liputan 6 SCTV), serta penghargaan Pers Card Number One (PCNO) diberikan kepada Akhmad Munir.

Peringatan HPN 2019 mengambil tema “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”. Acara dibuka dengan penampilan tarian nusantara.

Selain Presiden Jokowi, Duta Besar berbagai negara juga hadir di HPN 2019

Hadiri HPN 2019, Jokowi Terima Penghargaan Kemerdekaan PersSekitar 35 Duta besar dari berbagai negara ikut hadir dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja hadir dalam puncak HPN ini dengan undangan sekitar 4.000 orang. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Kemudian turut hadir dalam acara ini Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Ketua Bawaslu Abhan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Waka Polri Komjen Ari Dono, Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius, Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan dan Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe Prasetja.

Pewarta : Sukron

  • Whatsapp

Pos terkait