BUMN Pecahkan Dua Rekor Muri Pertama Sebagai Pelayanan Mudik

  • Whatsapp
BUMN

WARTALIKA.id –¬†Kementerian BUMN melepas 250 ribu pemudik dalam program mudik gratis Lebaran 2019. Digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (30/5), pelepasan pemudik tersebut dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno dan 36 Direktur Utama perusahaan BUMN.

Rini mengatakan pelepasan mudik gratis ini memiliki tujuan akhir ke banyak kota di Jawa dan beberapa wilayah lainnya di seluruh Indonesia. Rini mengatakan program ini mencerminkan BUMN hadir untuk negeri.

“Saya sangat bangga dan terharu tahun ini betul-betul menunjukkan moto BUMN Hadir untuk Negeri betul-betul diresapi BUMN,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno dalam sambutannya di Jakarta, Kamis (30/5).

Adapun biaya yang dikeluarkan untuk memberangkatkan 250 ribu pemudik tersebut mencapai Rp 100 miliar. Rini mengatakan anggaran tersebut berasal dari 104 perusahaan negara yang ikut berpartisipasi.

“Jumlahnya ada 250 ribu dikali Rp 400 ribu per orang (modalnya). Sekitar Rp 100 miliar,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo, yang menjadi Ketua Satgas Mudik Lebaran 2019, mengatakan kegiatan mudik bareng BUMN diselenggarakan berdasarkan Keputusan Menteri dalam pembentukan satgas.

Menurut Budi, ini penyelenggaran mudik bareng BUMN tahun ke lima dengan jumlah kenaikan pesertanya mencapai 23 persen dibanding 2018. Transportasi yang disediakan beragam, mulai dari bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat yang bersinergi dengan beberapa BUMN seperti Damri, Pelni, ASDP, dan Garuda Indonesia Group.

Lanjutnya Dirut Jasa Raharja Budi mengatakan, modanya bus penumpang 3.897 orang kenaikan 15 persen, 186 gerbong KA, 138 trip kapal laut, dan 76 penerbangan.

Pemudik yang diangkut dari seluruh wilayah Indonesia, rinciannya adalah 80 kota keberangkatan, 56 pulau Jawa dengan tujuan 164 kota dan di luar Jawa 99 wilayah. Ini menunjukkan keberangkatan tidak hanya di Jawa tapi seluruh Indonesia dilayani negara.

Untuk keberangkatan pulau Jawa sudah dilakukan beberapa waktu lalu dengan kapal dan semua sudah sampai tujuan. Seluruh moda dilakukan pemeriksaan dan memenuhi aspek keselamatan sesuai standar dan ketentuan berlaku.

Dalam kegiatan ini, BUMN memperoleh dua rekor Muri. Pertama, sebagai pelayanan mudik BUMN terbanyak. Kedua, pelayanan mudik ke kota tujuan terbanyak.

“Kami ucapkan terima kasih ke semua BUMN dan Direksi yang dukung ini sebagai wujud moto one mision one vision one family to excellent,” pungkasnya.

Pewarta : Agung

  • Whatsapp

Pos terkait