Aksi STIKOM Denpasar Akan Meriahkan Puncak Hakteknas Agustus 2019

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali menggelar rangkaian acara Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun 2019. Tahun ini, Provinsi Bali terpilih menjadi tuan rumah Puncak Peringatan Hakteknas ke-24, Rabu 28 Agustus 2019, dipusatkan di Lapangan Puputan – Margarana, Denpasar, Bali.

Peringatan Hakteknas ke-24 akan diisi dengan rangkaian kegiatan di antaranya Bakti Inovasi, gerak jalan sehat dan lomba, Kegiatan ilmiah, talkshow series (TV dan Radio), Acara Puncak, Malam Apresiasi, Anugerah Inovasi, Pameran Inovasi Anak Negeri, dan Ritech Expo.

Pada Rakor tersebut, Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Retno Sumekar sekaligus penanggungjawab kegiatan Bakti Inovasi Teknologi menjelaskan program yang akan dilakukan diantaranya berupa penyerahan produk inovasi dan pelatihan untuk kabupaten kota. Produk Inovasi berupa compact motorcycle, Bali 3D printer 2 in 1, TROLLS, PODKOD, Penjernih Air, Kursi roda otomatis dengan kendali smartphone android.

Selanjutnya penanggungjawab Side Event/Jalan Sehat Ari Hendrato menjelaskan terkait lomba yang sudah dibuka untuk umum, wartawan dan mahasiswa sampai 15 Juli 2019. Untuk gerak jalan dilakukan 25 Agustus di Kota Denpasar Lapangan Renon dimulai dari Jalan Basuki Rahmat dengan jarak 3,7 km. Gerak jalan melibatkan masyarakat Bali, mahasiswa dan para pegawai di lingkungan Kantor Gubernur Bali.

Penyelenggaraan Ritech Expo, menurut Dadan dari Biro KSKP Kemenristekdikti, akan dimulai 25 Agustus 2019. Dari 150 booth yang disiapkan sudah 90% terpenuhi terdiri dari LPNK (6 peserta), Perguruan Tinggi (38 peserta), Balitbang Daerah (10 peserta), balitbang K/L (18 peserta), industri (18 peserta), kemenristekdikti program unggulan dan satker (10 peserta), mitra luar negeri (8 peserta) Taiwan dan Jerman, infrastrusktur PT. INKA, Perkapalan dan Angkasa Pura.

Untuk kegiatan Ilmiah, terang Aldi dari direktorat inovasi industri, akan terbagi di luar bali ada 56 kegiatan ilmiah, di dalam bali ada 12 kegiatan ilmiah dan penandatangan MoU. Karena itu diharapkan dukungan dari pemerintah daerah berupa fasilitas keamana peserta, tempat dan sarpras selama kegiatan berlangsung, fasilitas penjemputan dan pengawalan untuk Menristekdikti, BJ. Habibie dan para menteri/pejabat VIP terutama untuk 12 kegiatan ilmiah di bali.

Pada kegiatan Anugerah Iptek dan Inovasi menurut penjelasan Wihatmoko, membutuhkan 30 trophy Inovasi untuk aneka kategory anugerah. Trophy dibuat dengan ukiran khas Bali untuk itu dibutuhkan bantuan dari Pemda Bali untuk penggerajinnya.

Sementara puncak peringatan Hakteknas ke-24 tahun 2019, dipusatkan di Lapangan Puputan – Margarana, Denpasar, Bali, Rabu (28/08/2019).

Eka Gandara mengatakan seremonial puncak Hakteknas meliputi sambutan-sambutan dan arahan dari Presiden RI, penyerahan anugerah iptek dan lomba produk inovasi nasional dan diakhiri dengan peninjauan Ritech Expo yang berisi produk-produk strategis dan unggulan hasil karya anak bangsa. Acara Puncak akan dimeriahkan dengan Penggunaan Teknologi ICT Augmented Reality(AR), serta Virtual Reality(VR) Leap Motion yang sedang dalam pengembangan Bersama ISI dan STIKOM Denpasar.

Selanjutnya hasil rakor ini diharapkan bisa terlaksana dengan baik dan diharapkan juga koordinasi pusat dan daerah sudah berjalan mengingat waktu yang semakin dekat.

Pewarta : Sugeng

  • Whatsapp

Pos terkait