Tangani Banjir, Menteri ATR/BPN Kunjungi Kawasan Semanan Jakarta Barat

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN), Sofyan Djalil mengunjungi kawasan rawan banjir di RW 01 Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (4/8/2020).

Dalam kunjungan itu juga dalam rangka sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) No 60/2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabek-Punjur), utamanya untuk mengatasi banjir.

Baca Juga :

Sofyan usai berdialog dengan ketua RW 01 mengatakan bahwa pihaknya ingin mengetahui penyebab banjir dikawasan ini. Untuk itu Direktorat Jenderal Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah punya program mengingatkan masyarakat. Akan retapi masyarakat disini tidak perlu diingatkan kerena sudah mengetahui permasalahan banjir disini.

‘Cuma ini adalah salah satu program kampanye kita untuk masyarakat punya kesadaran untuk mengatasi dari berbagai hal,” ujar Sofyan.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat lebih mau perduli terhadap penataan tata ruang.

“Maka itu kami akan mulai menegakan hukum secara tegas,” jelasnya

Lebih lanjut menurutnya, kalau tata ruang dibiarkan maka Jakarta atau kota-kota lain ini akan menjadi kota yang tidak nyaman untuk dihuni.

Sebab berdasarkan hasil penelitian, banyak kawasan pemukiman di Jakarta yang mendirikan bangunan di lahan hijau atau lahan pengairan.

Contohnya danau yang dijadikan pemukiman atau bantaran kali dijadikan pemukiman warga. Berdasarkan Perpres yang diteken April 2020 lalu, bahwa Kementerian ATR/BPN memiliki kewenangan berkoordinasi dengan Pemda untuk menertibkan bangunan liar.

Rencananya, dalam penertiban itu, pihak Kementerian ATR/BPN akan mengambil langkah hukum dengan melibatkan Pemda, Polisi, TNI, dan Jaksa.

“Karena kalau tata ruang ini tidak teratur dan tidak dilaksanakan penegakan hukumnya maka kehidupan kita semakin payah dan semakin sulit di masa yang akan datang,” sebutnya.

Cara itu kata dia, dianggap berhasil saat Pemprov Jawa Barat dalam menertibkan kawasan Ciliwung.

“Saat ini Kementerian ATR/BPN juga tengah berkoordinasi dengan pemerintah Jabodetabek untuk mengatasi banjir tahunan yang kerap melanda pemukiman warga,” lanjutnya.

Sedangkan untuk penyelesaian dari tengah, pihaknya akan menertibkan bangunan- bangunan yang dibangun di lokasi bantaran sungai atau situ.

Sementara ketua RW 01 Semanan Ichsan mengaspresiasi kunjungan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil permasalahan banjir disini hingga ketinggian air mencapai 3 meter.

Terkait masalah banjir, dia juga mengutarakan, tentang pompa air yang ada kapasitas kecil sehingga debit air yang masuk diwilayahnya lama mengering.

“Kita minta pompa air dibesarkan. Begitu penggunaan lahan-lahan yang masih kosong. Semoga saja penanganan banjir dikawasan RW 01 Kelurahan Semanan dapat teratasi,” tandasnya.

Pos terkait