Kepala Bappenas Menerima Audiensi Alumni HMI Cabang Bandung

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas melakukan audiensi dengan alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandung di kantor Bappenas Menteng pada Rabu, 12 Agustus 2020. Pertemuan ini terkait laporan perkembangan pembangunan masjid dan Wisma Sabang 17 Bandung.

Wisma Sabang 17 merupakan rumah bagi mahasiswa Muslim di Bandung, keberadaannya sebagai respon ketiadaan sarana ibadah di Jalan Sabang, Bandung. Rencananya wisma ini akan mulai beroperasi bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agutsus 2020.

Baca Juga :

Wisma ini dibangun di atas tanah seluas 614 meter persegi, dengan bentuk bangunan terdiri dari empat lantai (3 lantai ke atas dan 1 lantai basement), luasnya sebesar 1.452 meter persegi. Pada lantai 1 wisma ini akan diperuntukkan untuk masjid dengan daya tampung sekitar 250 jamaah. Lalu, lantai 2 akan digunakan untuk ruang sekertariat HMI Cabang Bandung, Badko HMI Jawa Barat, dan Yayasan YHMI, serta 3 ruangan kelas untuk kegiatan-kegiatan training HMI dan pelatihan mahasiswa Muslim.

Sedangkan di lantai 3 akan disediakan 6 kamar wisma untuk peserta training atau pelatihan yang akan menginap. Namun, tak menutup kemungkinan kamar tersebut akan disewakan untuk umum.

Dari keseluruhan pengerjaan ada beberapa bagian yang masih dikerjakan, seperti Bangunan belakang Masjid, beberapa ruangan sekertariat, pengerjaan interior masjid, dan beberapa fasilitas lainnya. Tempat yang sejatinya akan dijadikan sebagai tempat mendalami studi keislaman dan mencetak tokoh islam bangsa ini masih memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

Melalui pertemuan ini juga Alumi HMI menyampaikan kendala dan meminta arahan dari Menteri PPN/Bappenas. Menteri Suharso memberikan jawaban terhadap permasalahan yang telah disampaikan oleh para Alumi HMI terkait pembangunan masjid dan Wisma Sabang 17 sekaligus menyampaikan pesan agar HMI dapat terus berkarya dan berkontribusi.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian yang telah dibuat oleh para HMI terlebih apa yang tengah dikerjakan para alumni dengan membangun sarana ibadah. Saya berharap HMI dapat terus berkaya dan berkontribusi bagi negara”

Sebagai informasi Sabang 17 merupakan tempat pelatihan dan penggodokan para pemimpin bangsa. Hingga saat ini Sabang 17 telah menelurkan kurang lebih 4000 alumni, diantaranya adalah tokoh yang cukup terkenal seperti Ferry Mursyidan Baldan (Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang), Herman Khaeron (Anggota DPR RI), Yuddy Chrisnandi (Duta Besar Indonesia untuk Ukraina), Saan Mustopa (politisi), Ahmad Doli Kurnia (Anggota DPR RI), dan masih banyak lagi.

Diakhir pertemuan, Menteri menyampaikan terima kasih kepada para alumni dan pengurus HMI Cabang Bandung yang sudah menyelenggarakan audiensi tersebut.

Pos terkait