Misharti Berharap Ada Dana Tambahan untuk Riau

Misharti
Foto : DPD RI Komite IV Senator asal Riau Dr. Misharti S.Ag. M.Si saat Rapat Kerja dan Koordinasi dengan Kementerian Keuangan di Ruang Rapat Komite IV, Komplek Parlemen, Selasa (14/1/2020).

WARTALIKA.id – Komite IV DPD RI dengan Kementerian Keuangan bersepakat untuk saling bersinergi dalam implementasi kebijakan dana desa. Hal tersebut tertuang dalam kesimpulan rapat kerja antara Komite IV DPD RI dengan Kementerian Keuangan di Ruang Rapat PPUU, Komplek Parlemen Senayan, Selasa (14/1/2020).

DPD RI Dr. Misharti. S. Ag senator asal Riau mengatakan terkait dengan desa miskin yang masih ada di Provinsi Riau tentu ini menjadi sorotan kita terutama di Komite IV DPD RI yang mewakili dari Provinsi Riau.

Baca Juga :

“Jadi terkait dengan desa miskin ini sebenarnya anggaran dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Desa terkait dengan dana desa ini sudah ada, tetapi sekali lagi memang perlu kerja sama dan laporan yang rutin dari Kepala Desa terkait dengan rencana anggaran pendapatan desa. Sehingga rencana anggaran itu yang akan diajukan kepada Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten Kota sehingga anggaran desa itu bisa dikucurkan, memang dari Kementerian Kuangan dan Kementerian Desa kami dari Komite IV telah melakukan rapat kerja dan koordinasi terkait dengan dana desa ini,” kata Misharti saat diwawancara oleh WARTALIKA.id seusai Rapat Kerja dengan Kemenkeu di Ruangan Senator Komite IV, Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020) malam.

Lanjut Senator asal Riau ini mengatakan tentu kami dari Komite IV selalu mengupayakan bahwa seluruh desa yang ada khususnya di Provinsi Riau, supaya dapat mengoptimalisasikan dana desa ini sehingga masyarakat bisa lebih terbantu.

“Terkait dengan penambahan anggaran DAK, DAU maupun dana bagi hasil daerah kepada Provinsi Riau yang telah banyak memberikan devisa kepada Indonesia ini,” ungkap Senator Riau.

Misharti mengatakan tadi pada rapat kerja dengan Menteri Keuangan juga sudah disampaikan secara langsung bahwa memang sesungguhnya kami sangat mengaharapkan adanya tambahan dana bagi hasil daerah untuk Riau. Karena, kata dia yang kita ketahui bahwa Riau sangat kaya dibawah bumi minyak dan diatasnya minyak tetapi masyarakatnya masih banyak dibawah garis kemiskinan.

“Oleh sebab itu tentu kami sebagai anggota DPD RI dan senator dari Provinsi Riau terus berupaya agar DAK, DAU dan dana bagi hasil untuk Provinsi Riau ini lebih banyak lagi dan ditingkatkan,” ujar Misharti.

Kemudian dilanjutkannya, tadi kami secara langsung sudah menyampaikan kepada Kementerian Keuangan tetapi karena memang waktu sudah sampai jam 18.00 Wib sore rapatnya. “Terkait dengan dana bagi hasil itu mungkin akan disampaikan secara tertulis jadi tadi hanya beberapa tanggapan yang disampaikan oleh Dirjen Keuangan”.

Karena Menteri Keuangan ada Rapat Koordinasi dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, maka Menteri Keuangan menitipkan kepada Dirjen Keuangan untuk melanjutkan dan Komite IV memberikan itu kepada Dirjen Keuangan untuk dapat diteruskan kepada Kementerian Keuangan.

Dia juga menjelaskan jadi kita berharap sekali lagi bahwa untuk dana transportasi daerah, khususnya untuk Provinsi Riau kita tau pada tahun 2019 kemarin ada sekitar Rp 146 atau Rp 156 Miliar yang dikembalikan, artinya hangus yang tidak terpakaikan. Dan kami berharap bahwa silva dari anggaran 2019 itu tidak menjadi acuan untuk menetapkan paguh anggaran  di tahun 2020 ini.

Misharti
Foto : DPD RI Komite IV Senator asal Riau Dr. Misharti S.Ag. M.Si

“Karena mungkin kebijakan-kebijakan yang menyebabkan Gubernur, Walikota serta Kelurahan karena disitu kami lihat ada dana kelurahan yang dikembalikan dan tidak digunakan secara optimal oleh Lurah, mungkin karena kebijakan kebijakan dan karena pendampingan nya yang kurang. Oleh sebab itu, kami sebagai senator anggota DPD RI terkhususnya di Komite IV selalu menginginkan dana-dana ini optimal digunakan oleh seluruh perangkat desa dari Kelurahan, Walikota hingga Gubernur sehingga mendapatkan manfaatnya yang besar bagi seluruh masyarakat,” pungkas Misharti.

Pos terkait