Pengukuhan Kepala Ohoi Namar Antonius Sirwutubun

Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 definitif
Foto : Antonius Arobi Kurniawan

WARTALIKA.id – Raja (Rat) Manyew Rumadian Norbertus Watratan resmi melakukan pengukuhan kepada Antonius Arobi Kurniawan, S.Ip sebagai Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 definitif bertempat di Woma El Valken Namar, Sabtu 12 Januari 2019 sekira pukul 16.27 WIT.  Acara Pengukuhan ini selain dihadiri Raja Manyew Norbertus Watratan juga hadir Camat Manyew bersama Staf, Para pihak Koramil dan Polsek setempat, Para Kepala Ohoi Tetangga, Para Tua Adat, Kepala Marga Tethool dari Ohoi Ngilngof, Ketua Yayasan Mutiara Tual bersama Jajarannya, Kepala Ohoi Ohoidertutu, Kepala Ohoi Ohoiren dan sejumlah undangan lainnya, Masyarakat Adat Ohoi Namar dan kepala Marga Rahan Rareer bersama Tetua Adatnya yang sungguh memberikan dukungan positif terhadap acara pengukuhan tersebut dan berjalan lancar, sukses dan aman nyaman.

Raja Manyew bersama dengan para penatua Utan Loor rat Manyew dengan Bupati Manyew dan Staf berada di Woma El Valken Namar bersama para tetua Bea Cukai Ohoi Namar. Sementara Kepala Ohoi Orongkai Namar ke Kepala 7 diarak menuju Woma di mana Kebangkitan dipegang oleh komunitas asli Ohoi Namar, Keluarga Besar Rareer ke Woma sebagai tempat eksekusi oleh Raja Manyew Rumadian Norbertus Watratan.

Baca Juga :

Setiba di depan pintu masuk Woma El Valken Namar,  Calon Kepala Ohoi Orongkai Namar ke7 disambut Tua Adat Ohoi Namar dan dilaksanakan ritual Adat dan kemudian disilahkan masuk ke Woma El Valken Namar dan mengambil tempat di depan Woma, kemudian disuguhi dengan Nyanyian Adat oleh sekelompok gadis asal Ohoi Namar.

Lagu adat dan doa

Usai suguhan lagu Adat dilanjutkan dengan Doa adat oleh Theo Harbelubun dengan sesajian dalam bentuk Derma Adat dan kemudian diletakan diatas Woma dan dilanjutkan dengan penyumpahan diri secara spontan oleh Calon Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun, S.Ip sebagai bentuk pernyataan dirinya kepada Tuhan dan Leluhur serta Hukum Adat Larvul Ngabal dan disaksikan Raja Manyew, Kepala Marga Tethool Ohoi Ngilngof, Camat Kecamatan Manyew dan semua masyarakat Adat Ohoi Namar yang hadir saat ini bahwa kelak menjalankan tugas Pemerintahan maupun Pemerintahan Adat senantiasa mengacuh kepada semua Regulasi Pemerintah sesuai peruntukannya serta senantiasa menjunjung tinggi Hukum Adat Larvul Ngabal dalam pelaksanaan tugas Pemerintahan Adat dibawah Raja Manyew tanpa Kecuali.

Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun, S.Ip juga menuturkan keturunan lurus kedudukan Jabatan Kepala Ohoi Orongkai Namar pertama hingga keenam dan dilanjutkan kepada generasi ke 7 yaitu dirinya sendiri.

Oleh Wakil Ketua Badan Ohoi (BSO) mengambil tanah dari Woma dan kemudian masuk ke air Kelapa dan memberi Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun untuk meminumnya sebagai tanda pengudusan pelanggaran selama tugas dan tugas Kepala Ohoi Orongkai Namar di masa depan.

Raja Manyew mulai pengukuhan

Selanjutnya, Raja Manyew Norbertus Watratan disilahkan mengambil tempat di depan pelataran Woma untuk melaksanakan tugas pengukuhan dengan memohon uluran tangan kasih Tuhan dan Leluhur serta Hukum Adat Larvul Ngabal datang dan menyaksikan bahwa hari ini secara resmi mengukuhkan Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun, S.Ip sebagai Kepala Ohoi Orongkai Namar ke 7 untuk melaksanakan berbagai hal yang berhubungan dengan Adat, berdasarkan Hukum Adat Larvul Ngabal dengan Sa Sorfitnya, disusul dengan penyerahan Rekomendasi dari Raja Manyew Rumadian sebagai Calon Tunggal yang kemudian akan dilantik serta pengambilan Sumpah/Janji Jabatan oleh Bupati Maluku Tenggara.

Rareer Old Rareer Nikolaus Sirwutubun atas nama Marga Rahan Rareer menyerahkan rumahnya kepada Antonius Arobi Kurniawan Sirwutubun untuk digunakan dalam memelihara dan mengingatkan dirinya sendiri untuk kantor ini selama 6 tahun ke depan, kemudian oleh Kepala Saniri Ohoi (BSO) sebelum pesta hadir. . membagikan Dokumen kepada Bupati Ohoi Orongkai Namar 7 Secara definitif kepada Bupati Manyew untuk diteruskan ke Bupati Maluku Tenggara untuk digunakan sebagai daftar periksa sebagai data untuk mengeluarkan Keputusan Bupati yang akan ditunjuk sebagai Kepala Definitif Ohoi Orongkai Namar dan Pengangkatan dan penunjukan sumpah / upaya pemberi kerja.

Dengan demikian maka Acara Pengukuhan Adat dinyatakan selesai dan Raja  bersama Camat serta Hadirin diundang kembali ke Balai Ohoi untuk acara istirahat.

Pewarta : Nor Safsafubun

Pos terkait