Genjot Retribusi dan Pajak Daerah, Pemda Malra Bangun Kerjasama

  • Whatsapp
Retribusi dan Pajak
Foto : Kepala Dispenda Malra Drs. Yani Rahawarin

WARTALIKA.id – Kabupaten Maluku Tenggara dengan Ibu Kota Langgur terdapat beberapa Bank Pemerintah maupun swasta yang sudah beroperasi di Daerah setempat termasuk Bank Pembangunan Maluku yang dijadikan sebagai Bank pemegang Kas Daerah Kabupaten Maluku Tenggara. Hal ini dibenarkan Drs. Yani Rahawarin saat ditemui di pelataran Bank Pembangunan Maluku Cabang Maluku Tenggara saat hendak uji coba operasi pembayaran dan penerimaan langsung retribusi dan pajak daerah melalui Bank Pembangunan Maluku Cabang Maluku Tenggara dengan sisten online belum lama ini.

“Pembayaran retribusi dan pajak daerah dengan sistem online ini sangat perlu untuk menghindari terjadinya tunggakan serta penyalagunaan dana itu sendiri,” tegas Rahawarin.

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, ketika terjadi tunggakan dalam pembayaran kewajiban retribusi dan pajak tersebut maka pihaknya tidak segan-segan melakukan tindakan tegas berdasarkan peraturan yang berlaku tanpa kompromi, disisi lain Pemerintah Daerah berkewajiban melakukan pembinaan pembinaan kepada setiap pelaku usaha. “Akan tetapi jangan lupa terhadap kewajibannya sebagai wajib pajak dan atau retribusi, karena dengan tertib membayar retribusi dan pajak maka secara otomatis turut meningkatkan perekonomian serta pembangunan di Daerah ini,” imbaunya.

Olehnya itu, Pemerintah Daerah disetiap waktu mencoba untuk melakukan perbaikan perbaikan terhadap sistem pengelolaan keuangan daerah yang lebih terfokus pada penerimaan termasuk penerimaan retribusi dan pajak daerah.

“Karena itu Pemerintah Daerah membangun kerja sama dengan Bank Pembangunan Maluku Cabang Maluku Tenggara terhadap sistem dan tata kelola administrasi penerimaa melalui sistem online dan pada Jumat, 14 Desember 2018 dan telah dilakukan uji coba terhadap sistem online yang dihadiri Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah, Drs. Yani Rahawarin, Sekretaris Bappeda Malra, Infokom Kabupaten Maluku Tenggara, Kepala Dinas Satu Pintu Malra Moh Tukloy bersama Kepala bank Pembangunan Maluku Cabang Maluku Tenggara bersama staf dan jajarannya  sekaligus uji coba,” jelas Yani Rahawarin.

Rahawarin juga berharap agar dengan kerjasama ini dapat memberikan manfaat ganda bagi Pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara yaitu, “tertib wajib retribusi dan pajak serta tertib tata administrasi dan pengelolaannya.

Pewarta :  Nor Safsafubun

Pos terkait