Petugas Rutan Rangkasbitung di Test Urine

  • Whatsapp
test urine

WARTALIKA.id – Bertajuk “Pemberantasan Narkoba di Lapas dan Rutan”. Seluruh Petugas Rumah Tahanan Negara Klas IIB Rangkasbitung dilakukan test urine yang disaksikan oleh Kepala Divisi Pemasyarkaatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten di Taman Gazebu Rutan Rangkasbitung, Senin (04/02/2019).

Test urine itu dilakukan sebagai langkah progresif dan serius dalam Pemberantasan Narkoba di Lapas dan Rutan dan membuang image negatif bahwa rutan merupakan sarang peredaran narkoba dimana selama ini penghuni rutan masih bisa mengoperasikan jaringan peredaran narkoba meskipun sudah menginap di rutan.

Bacaan Lainnya

Test urine ini sebagai rangkaian kunjungan Kadiv Pas Banten ke Rutan Rangkasbitung, sebelum test urine berlangsung, Kadiv PAS bertindak sebagai pembina apel pegawai dan turut menyaksikan pemberian CSR BRI Peduli dari BRI Rangkasbitung kepada Rutan Rangkasbitung.

Kadiv PAS Banten, Taufiqurrahman menyampaikan bahwa langkah test urine ini sebagai tindak lanjut serius terhadap instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI terkait peristiwa ditemukanya peredaran narkotika yang turut dikendalikan oleh Narapidana di wilayah Sumatera.

“Kita langsung gerak, tentu bukan hanya simbolis semata, tapi test urine ini progresif dan berkelanjutan, seluruh Karutan dan Kalapas saya perintahkan untuk melakukan test urine termasuk seluruh petugasnya. Lakukan penggeledahan massif, periksa semua arus tamu dan petugas yang keluar masuk rutan, larang HP berada di blok steril, intinya kita serius dalam gerakan pemberantasan narkoba, jika ada petugas yang macam-macam, kita akan berhentikan,” tegas Taufiq sapaan akrab Kadiv Pas Banten.

“Tentu saya tidak ingin ada petugas yang terlibat, daripada harus saya yang berhentikan lebih baik kita jauhi, bukan saja jauhi, dipikirkan untuk macam-macam dengan narkoba saja jangan apalagi untuk terlibat. Jadi jangan main-main dengan narkoba, insyallah kita bekerja akan baik-baik saja,” tambah Kadiv Pas Banten.

Kepala Rutan Rangkasbitung tanggapi serius test urine

Menanggapi apa yang diinstruksikan Kadiv Pas Banten, Kepala Rutan Rangkasbitung, Aliandra Harahap menyampaikan Ia dan jajaran siap mengimplementasikan apa yang diperintahkan pimpinan.

“Intinya kami siap, sebelum ada instruksi ini, memang test urine ini sudah menjadi agenda kami, dan kegiatan sidak serta pemeriksaan tamu kemudian arus keluar masuk sudah dilaksanakan di Rutan Rangkasbitung. Akan tetapi kami akan lebih massif lagi, dan kami juga berkomitmen terhadap pemberantasan narkotika, yang melanggar dan bertindak macam-macam akan kita tindak tegas,” kata Aliandra.

Selanjutanya sebagai Rangkaian kunjungan Kadiv Pas Banten, akan memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai, meninjau Blok Rutan Rangkasbitung dan diakhiri akan meninjau lahan pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung.

Pewarta : Anton

Pos terkait