SMA Negeri 1 Kei Kecil Malra Siap Hadapi UNBK/USBN

  • Whatsapp
SMA Negeri 1 Kei Kecil
Foto : Yakuba Namsa, S.PI Kepala SMAN 1 Kei Kecil

WARTALIKA.id – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional siap dilaksanakan SMA Negeri 1 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara, hal ini disampaikan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kei Kecil  Yakuba Namsa, S.Pi diruang Kerjanya Senin Siang 4 Februari 2019.

Namsa katakan bahwa dari 5 tahapan persiapan itu sudah dilalui 3 tahap, sementara 2 tahap lainnya pihaknya sementara berproses melaksanakannya mulai Oktober tahun 2018 dan dilanjutkan Januari 2019 hingga kini dan hal ini disambut baik semua orangtua dan wali murid tanpa kecuali terhadap berbagai persiapan itu antara lain ; komputer dan laptop sebagai sarana penunjang dalam menghadapi pelaksanaan ujian dimaksud.

Bacaan Lainnya

“Selain pemantapan bagi siswa juga dilakukan kepada para guru sehingga dapat bersinergi dalam mempersiapkan semua pihak menghadapi pelaksanaan ujian nanti. Untuk itu dapat dilaksanakan pemantapan penguasaan materi lewat MGMP agar guru mampu memahami kisi-kisi UNBK maupun USBN sehingga dapat mampu menerapkan kepada setiap siswa dapat dipahami dengan cepat,” ucap Namsa.

Inilah merupakan tuntutan K13 karena selain pemantapan materi, juga diberikan pemantapan kerohanian berupa pembinaan rohani, pendidikan kepribadian dan moral anak serta pelaksanaan seminar secara berturut turut. Dan guru mampu mempersiapkan buku buku pelajaran agar siswa mampu memahaminya dengan baik. Hal ini perlu dicermati sebaik mungkin agar dapat bersinergi antara sekolah dan Pemerintah Provinsi dalam tanggung jawabnya, begitu pula Pemerintah Pusat.

Terkait dengan persiapan soal ujian maka sekolah akan menyusun soal sebanyak 75 % dan dikirim kepada Diknas Provinsi untuk menambahkan 25 % dan selanjutnya dikembalikan kepada Sekolah untuk mencetaknya.

Kesiapan SMA Negeri 1 Kei Kecil

Pihaknya akan memasuki tahapan USBN SMA  Praktek yang sedang berjalan ini, hal ini merupakan tanggung jawab pihak sekolah, “Pemerintah Provinsi pun juga Pemerintah Pusat dan tahap seleksi ini bervariasi dalam pelaksanaannya sehingga belum tentu sdh terlewati semua tapi justeru ada bagian tahapan yang sedang dilaksanakan saat ini,” kata Namsa.

Persiapan fasilitas penunjang, kata Namsa, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pelaksanaan ujian nanti sangat diperlukan sehingga pihaknya bekerjasama dengan orangtua/wali murid demi pemenuhan kebutuhan teristimewa Komputer dan Laptop. “Sedangkan terkait jaringan internet dapat disiapkan pihak sekolah termasuk beberapa server yang disiapkan disetiap ruangan ujian untuk pemenuhan kebutuhan terhada 229 peserta ujian nanti,” jelas Namsa.

Namsa sangat berharap agar orangtua/wali murid dan Para Guru dapat bergandengan tangan dalam mensukseskan pelaksanaan UNB dan USBN. “Artinya Peran Orangtua dapat memantau dan mendorong anak dirumah dan Para Guru dapat mampu melaksanakan proses pembelajaran di sekolah,” tutup Namsa.

Pewarta : Nor Safsafubun

Pos terkait