Diduga Ada Pungli, Kepala BPN Kabupaten Tangerang Planga Plongo

  • Whatsapp
BPN Kabupaten Tangerang
Foto : Kantor BPN Kabupaten Tangerang

WARTALIKA.id –  Adanya dugaan oknum petugas Kantor BPN Kabupaten Tangerang, yang melakukan upaya Pungutan Liar (Pungli). Hal itu diutarakan narasumber yang tidak mau disebutkan namanya, saat mengurus balik nama sertipikat dengan dikenakan biaya paket percepatan balik nama.

Dugaan itu dia sampaikan, karena pihaknya dimintai uang Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta oleh petugas BPN Kabupaten Tangerang  setiap kali ada berkas balik nama, dengan paket percepatan tiga hari kerja sampai tujuh hari kerja. “Itupun pengambilan berkas bukan di loket melainkan diruang konsultasi,” bebernya.

Namun kecurigaan adanya praktik pungli yang dilakukan petugas BPN Kabupaten Tangerang, lantaran pihaknya telah mengeluarkan uang dengan nilai jutaan rupiah untuk mengurus balik nama paket percepatan.

Padahal diterangkannya kepada media Rabu (7/2/2019), petugas BPN Kabupaten Tangerang, bernama Devi saat ditemui diruang konsultasi enggan memberikan tanggapan kepada wartawan, karena dirinya masih pegawai honorer.

Setelah beberapa kali diminta tanggapan tapi ada aja alasan devi, selain masih pegawai honorer, juga orang suruhan dan kepercayaan pimpinannya. Devi dan Girall diduga orang yang selalu mengambil berkas diruang konsultasi atas perintah dari Desi.

Menanggapi adanya dugaan pungli ini, dari awak media secepatnya mengadukan kasus ini kepada Kepala BPN Kabupaten Tangerang, Kanwil BPN, dan Kementerian Agraria agar oknum yang bermain serta diduga melakukan pungli mendapatkan sanksi hukum.

Ditempat yang sama Desi saat mau ditemui diruang konsultasi menyuruh Isnawati dan Mulyani petugas keamanan (security) agar awak media tidak membawa kamera, HP, dan Tas atas perintah Desi sebelum ditemui, Kamis (14/2/2019).

Desi saat ditemui diruang konsultasi membeberkan kepada awak media supaya menghadirkan narasumber dan bukti-bukti berkas balik nama, sekaligus meminta pemberitaan yang positif.

Sementara dugaan pungutan liar (pungli) proses paket percepatan balik nama ditarif Rp 1 juta sampai 1,5 juta dengan waktu tiga hari kerja sampai tujuh hari kerja dibantahnya. Dirinya berdalih tidak pernah meminta dana paket dan mungkin ada oknum lain yang tidak suka dan menjual namanya.

“Masih banyak kok berita yang positif tentang BPN Kabupaten Tangerang, jangan malah membuat berita hoax,” ungkapnya.

Diduga Ada Pungli, Kepala BPN Kabupaten Tangerang Planga Plongo
Foto : Tanda konfimasi awak media pada tangal 14 Februari 2019

Dibulan yang sama awak media mengirimkan surat kepada Himsar, Kepala BPN Kabupaten Tangerang untuk dimintai tanggapan atas adanya pungli yang dilakukan oleh pegawainya.

Namun sampai berita ini ditayangkan Himsar nampak tidak merespon sama sekali surat yang telah dikirim awak media pertanggal 22 Februari 2019.

Saat ditanyakan di customer service disposisi surat konfirmasi dari awak media. Customer service memberikan keterangan surat tersebut sudah sampai di Kepala Kantor BPN Kabupaten Tangerang pada Jumat (22/2/2019).

“Surat sudah di sampaikan kepada Kepala Kantor BPN Kabupaten Tangerang,” katanya.

Pewarta : Deden

  • Whatsapp

Pos terkait