Pastor Paroki Langgur Laksanakan Pembekalan kepada DPS Langgur

  • Whatsapp
RD Eko Reyaan Pr Pastor Wakil Uskup Wilayah Kei Kecil Sekaligus Pastor Paroki Langgur
Foto : RD Eko Reyaan Pr Pastor Wakil Uskup Wilayah Kei Kecil Sekaligus Pastor Paroki Langgur

WARTALIKA.id – Sebelum dilaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah atau Janji Jabatan Kepengurusan Dewan Pastoral Stasi Langgur diawali dengan pembekalan sehari dari Pastor Paroki Langgur tentang Hukum Gereja Katolik, serta Pengelolaan Aset dan Keuangan Gereja lingkup Wilayah Keuskupan Amboina Ambon, dengan menghadirkan pembicara Sekretaris Keuskupan Amboina Pastor Ino Ngutra yang juga sebagai Vikaris Yudisial Keuskupan lingkup Gereja Katolik yang dilaksanakan di Lantai II Aula Pastoran Gereja Langgur, Sabtu 9 Maret 2019.

RD Eko Reyaan Pr sebagai Pastor Paroki Langgur dan juga sebagai Wakil Uskup Wilayah Keuskupan Kei Kecil mengatakan bahwa pembekalan ini sangat penting untuk dilaksanakan sebagai bekal kepada setiap individu Pengurus Dewan Pastoral Stasi Langgur sebelum dilantik dan pengambilan Sumpah atau Janji esok pada 10 Maret 2019 di Gereja Langgur.

“Bahwa Stasi Langgur  ini sebagai stasi dimana Iman Umat Katolik hidup, tumbuh  dan berkembang sejak seratus dua puluh tahun yang lalu hingga saat ini. Sehingga selalu menjadi perhatian dalam upaya peningkatan dan pengembangan Iman  dan keyakinan umat katolik, Saya sebagai Pastor Paroki Langgur merasa penting dan bertanggung jawab untuk menciptakan upaya peningkatan kapasitas pelaku DPS dalam hal peningkatan  sumber daya manusia (SDM) sehingga mampu melaksanakan tugas pelayanan sesuai fungsi dan tanggung jawab setiap individu berdasarkan batasan batasan kewenangan,” tegas Eko Reyaan Pastor Paroki Langgur.

Untuk itu, kata dia dengan berakhirnya Kepengurusan DPS Langgur masa bakti 2015/2018 maka telah terbentuklah Kepengurusan DPS yang baru masa bakti 2019/2022. “Maka dirasa perlu melaksanakan pembekalan sehari dengan menghadirkan Pembicara dari Keuskupan Amboina Ambon, yaitu Sekretaris Keuskupan RD Ino Ngutra Pr yang juga tugas keseharian lainnya di dalam Keuskupan Amboina sebagai Ikaris Yudisial (Hakim Gereja Katolik)  di Wilayah Keuskupan Amboina, untuk dapat menjelaskan tentang Hukum Gereja Katolik serta Pengelolaan Aset dan Keuangan di lingkup Gereja Katolik di Wilayah Keuskupan Amboina secara keseluruhan,” jelas Pastor Paroki Langgur Eko Reyaan.

Eko Reyaan juga menambahkan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan Pembekalan sehari ini adalah bagaimana upaya peningkatan sumberdaya manusia terhadap tugas pelayanan Iman Umat Katolik yang dimulai dari Rukun, Lingkungan dan DPS serta Paroki.

Pastor Eko Reyaan Pastor Paroki Langgur bersama Pastor Ino Ngutra dengan Sie Sekretariat DPS Langgur

“Sehingga umat dilayani secara berjenjang sampai kepada Pastor Paroki yang selanjutnya diteruskan ke Keuskupan untuk menjadi bahan periksa guna mendapat Keputusan Uskup Diosis Amboina. Karena Gereja memiliki Hukum Kanonik yang perlu mendapatkan keputusan final dari Uskup, dan bukan Keputusan Pastor Paroki, dengan tujuan agar pelayanan kepada umat akan tetap berada pada koridor Hukum Gereja yang jelas,” tambahnya.

Untuk itu, Eko Reyaan Pastor Paroki Langgur berharap agar dengan Pembekalan ini dapat memberikan kontribusi pengetahuan tentang Hukum Gereja Katolik kepada setiap individu yang bertugas sebagai pelaku pada DPS Langgur baik sebagai penyelenggara di Rukun, Lingkungan maupun Dewan Pastoral Stasi (DPS) Langgur.

“Semua itu agar dalam pelayanan kepada Umat Katolik tetap berada pada koridor Hukum Gereja, sehingga Pastor Ino Ngutra yang harus memberikan Materi Hukum Gereja karena dirinya memiliki disiplin Ilmu tentang Hukum Gereja Katolik,” tutup Eko Reyaan.

Pewarta : Nor Safsafubun

  • Whatsapp

Pos terkait