Gaji Diduga Dipotong Sepihak, Karyawan PT BLKI dan PT PMI Ancam Mogok Kerja

  • Whatsapp
Gaji Diduga Dipotong Sepihak, Karyawan PT BLKI dan PT PMI Ancam Mogok Kerja
Foto : Karyawan BLKI dan PMI yang mogok kerja dan berkumpul di aula kantor Camat Wasile

WARTALIKA.id – PT Bintang Lima Konstruksi Indonesia (BLKI) dan mitra kerjanya PT Pengda Mining Indonesia (PMI) diduga melakukan pemotongan gaji pada 80 karyawan nya  sejak Januari lalu hingga April ini.

Hal itu dibenarkan salah satu karyawan PT BLKI yang namanya enggan disebutkan kepada WARTALIKA.id, Sabtu (15/6/2019). Ia mengatakan alasan mereka memotong gaji kami karena masalah absensi. Mereka potong sejak Januari sampai April.

“Ada yang dipotong Rp 300 ribu sampai jutaan. Kalau yang bulan Januari Rp 1,5 juta,” bebernya.

Dirinya juga mengungkapkan, kalau soal absensi itu tidak ada masalah kami telah mengikuti prosedur dari perusahaan. Namun entah apa yang terjadi tiba-tiba perusahan memotong gaji kami  tanpa ada alasan yang jelas.

“Saya menduga bahwa dalam pemotongan ini  aktornya adalah Jefri yang merupakan meneger produksi BLKI,” ungkapnya.

Sementara itu LSM Jimat yang di percayakan karyawan sebagai lembaga yang mengawal permasalahan ini melalui kordinator umumnya Jailan Samaun  mengatakan pihaknya menangani  persoalan ini pada 16 Mei 2019 kemarin. Jadi persoalan paling mendasar dari tuntutan karyawan di dua perusahaan ini adalah pemotongan gaji dan kontrak karyawan tanpa ada kejelasan yang jelas.

“Perusahan harus segera menuntaskan persoalan ini. Karena gaji karyawan merupakan hal yang vital bagi kehidupan keluarga dari karywan itu sendiri,” tegas Samaun.

Sementara dari hasil pertemuan kami, kata dia  dengan karyawan, kepala desa serta pihak kecamatan menghasilkan tiga poin tuntutan yang bersumberlansung dari aspirasi karyawan yakni:

  1. Mendesak PT BLKI memecat Jefri Titiyahi meneger produksi
  2. Mendesak PT BLKI dan PMI memecat Jefri Titiyahi, Udin Adam dan Hasdi Jafar
  3. Kalau ketiga orang itu tidak dikeluarkan maka karyawan mengancam akan mogok kerja
Gaji Diduga Dipotong Sepihak, Karyawan PT BLKI dan PT PMI Ancam Mogok Kerja
Foto : Jailan Samaun 

Di ketahui PT BLKI dan PMI merupakan paruhan yang bergerak di pertambangan biji nikel dan  berada di bawah perusahaan (sub kontraktor) dari PT Alam Raya Abadi (ARA) yang beroperasi pada awal tahun 2018. Dan hingga berita ini terpublikasi belum ada komentar dari pihak terkait terhadap masalah pemotongan gaji karyawan.

Pewarta : Fahri

  • Whatsapp

Pos terkait