Nabire : Pelaksanaan Upacara HUT RI Ke-74 Sukses dan Berlangsung Khidmat

WARTALIKA.id – Detik – detik pelaksanaan Upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019 di Kabupaten Nabire Berlangsung dengan khidmat, bertempat di Lapangan Sapta Marga Kodim 1705/Paniai, Nabire. Sabtu, (17/08/2019).

Pada kesempatan tersebut, bertindak selaku Pembina Upacara Bupati Kabupaten Nabire Isaias Douw, S. Sos., M.A.P, Komandan Upacara Pasi Ops Kodim 1705/Paniai Kapten Inf. Duriyat, dan pembacaan Naska Proklamasi Katherin Maruanaya mewakili Ketua DPRD.

Baca Juga :

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Kabupaten Nabire yang berjumlah 25 orang yang di ketahui dari hasil seleksi secara ketat oleh Panitia dari seluruh Siswa SMA dan SMK yang Berada di Kabupaten Nabire.

Anggota Paskibra yang membawa Duplikat Bendera Merah Putih di ketahui adalah salah satu Putri terbaik dari Kabupaten Nabire Renita Kotouki berasal dari Sekolah SMA YPK Tabernakel.

Turut hadir dalam Upacara peringatan HUT RI Ke – 74 di ikuti oleh TNI- Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), Pimpinan dan Anggota DPR, Mahasiswa, Pelajar, unsur pimpinan organisasi kemasyarakatan, Tokoh Adat, Tokoh agama, Tokoh Perempuan, Pimpinan BUMD dan BUMN, Masyarakat beserta Tamu undangan lainnya.

Usai pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Puti di lanjutkan dengan pembacaan Juara pada berbagai lomba yang di gelar di Nabire dalam rangka HUT RI Ke – 74, Pemberian Remisi, Display Dramband, serta Foto Bersama Forkopimda Kabupaten Nabire.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nabire Isaias Douw, S. Sos., M.P.A melaksanakan Jumpa Pers dan di dampingi oleh unsur Forkopimda Mengatakan serta mengucapkan Bayak terimakasih kepada semua Pihak yang telah mengsukseskan dari awal pada pelaksanaan detik – detik Proklamasi HUT RI ke – 74 tahun 2019.

“Saya berterimakasih kepada kepada semua pihak baik seluruh masyarakat Kabupaten khususnya panitia yang terdiri dari unsur Forkopimda, para ASN, Unsur Masyarakat, dan khususnya kepada anak – anakku Paskibra pelajar SMA se-kabupaten Nabire.

“Saya berharap bagi anggota Paskibra agar bekal disiplin, mental dan pengetahuan serta Idiologi empat pilar Bangsa yang sudah di dapatkan melalui bimbingan dan pelatihan dari pembina dapat di aplikasikan dalam kehidupan selanjutnya, khususnya dalam belajar dan dapat di tularkan kepada para pelajar lainnya.

“Terkait tema HUT RI ke – 74 2019, ” SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”, Bupati Isaias Douw mengajak semua pihak agar mendukung semua upayayang dilakukan oleh Pemerinta Daerah dalam rangka pembangunan sumberdaya manusia.

“SDM adalah hal yang paling utama dan mendasar dalam mengisih kemerdekaan dalam rangka menuju Indonesia maju di segala Aspek, khususnya Nabire dan Papua pada umumnya. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh masyarakat memastikan bahwa semua anak usia sekolah dapat memperoleh pendidikan dasar, pendidikan wajib 9 tahun. Kepada para mahasiswa agar budayakan membaca dan menulis, terus belajar, dan juga kepada masyarakat agar terus membudayakan kebiasaan belajar dirumah, karena belajar itu tidak memandang usia, kita harus belajar sepanjang hayat.

“Kita wajib bersaing dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, dengan kita membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan. Maka mari kita budayakan setiap saat untuk belajar,” Ajak Bupati Nabire.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak agar kita semua menjaga keamanan dan memupuk kebersamaan sebab perbedaan adalah anugra dari Tuhan dan mari kita rawat empat pilar bangsa, yakni pancasila, Uandang- undang dasar 45, Bhineka Tunggal Ikan dan NKRI.

Diketahui Panitia Hut RI yang ke – 74 kabupaten Nabire telah menggelar sejumlah kegiatan lomba, baik kegiatan sosial, kegiatan pembinaan dan pendidikan selama bulan Agustus 2019 hal tersebut sesuai arahan Bupati Kabupaten Nabire.

Ragam kegiatan tesebut di ikuti oleh Warga Nabire, PNS-ASN, TNI – Polri, Pelajar, Mahasiswa, dan masyarakat Umum se-kabupaten Nabire.

Adapun jenis kegiatan dimana di awali dengan kerja bakti. dan perlombaan yang di gelar baik lomba lari 10 KM, lomba tari tambang, Lomba masak Kuliner, Lomba Pidato, Lomba Yospan jalan, Lomba gerak jalan Indah, Karnaval. Selain perlombaan, Panitia HUT RI ke – 74 Kabupaten Nabire juga melaksanakan kegiatan pembinaan sadar akan Hukum, kegiatan sosial, pertandingan Volly, Lomba Karauke dan lain lain.

Pewarta: RK

Pos terkait