Mediasi Konflik Lahan PTPN IV Vs Petani

  • Whatsapp
Mediasi Konflik Lahan PTPN IV Vs Petani
Foto : Mediasi Konflik Lahan PTPN IV Vs Petani yang dilakukan di Aula Kantor Camat Bandar Huluan, Sumatera Utara, Rabu (18/12).

WARTALIKA.id – Adanya kabar petani yang tergabung dalam Perkumpulan Kelompok Tani Masyarakat Simalungun (PKTMS) Sumatera Utara akan melakukan unjuk rasa besar-besaran, apalagi melakukan penjarahan, itu adalah info yang tidak benar ditujukan kepada kelompok tani. Hal ini ditegaskan mantan Pangdivif 2/Kostrad 2014-2015 Mayor Jenderal TNI (Purn) Bambang Haryanto yang merupakan Dewan Pembina PKTMS.

Alumnus Akademi Militer tahun 1984 yang pernah juga menjabat sebagai Staf Khusus Kasad (2015) itu mengatakan bahwa kedatangan kami dan Lina Herliana Sinaga telah ditunjuk oleh para petani sebagai Dewan Pembina dan Ketua Umum untuk menyelesaikan permasalahan okupasi antara petani dengan pihak PTPN IV Unit Kebun Laras.

“Kami juga mengupayakan selalu berkoordinasi dengan pihak instansi dan lembaga pemerintahan daerah setempat. Awal kedatangan kami kesini, kami juga sudah berkoordinasi,” kata Bambang saat melakukan mediasi antara PTPN IV Unit Kebun Laras dengan Petani di Aula Kantor Camat Bandar Huluan, Sumatera Utara, Rabu (18/12).

Lanjut dia menjelaskan bahwa kelompok tani tidak akan melakukan demo besar-besaran apalagi melakukan penjarahan, itu adalah info hoax dan upaya menjatuhkan para petani PKTMS dengan menebar provokasi yang mungkin dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak suka dengan keberadaan PKTMS dalam memperjuangkan Hak nya.

PKTMS ini akan terus berupaya menjelaskan kepada Gubernur Sumatera Utara, Bupati Simalungun, Kepala ATR/BPN tentang permasalahan sengketa lahan ini. Bahwa sudah jelas sekali dituliskan berdasarkan SK Gubernur, SK Bupati, dan Pansus DPR RI Tahun 2004 lahan tersebut adalah milik masyarakat atau para petani,” ujar Bambang tegas.  [baca juga : PTPN IV Diduga Rampas Lahan, Petani : Pak Jokowi Tolong Kami]

Pos terkait