Moramo Sultra Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 2,1

  • Whatsapp
moramo
Foto [Istimewa]

WARTALIKA.idGempa bumi tektonik bermagnitudo 2,1 mengguncang wilayah Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (18/2/2020) tepatnya pukul 11:21:23 WITA. Gempa terjadi, akibat aktivitas Sesar Kendari di Tenggara Kendari.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia menerangkan, hasil analisa BMKG, menunjukkan bahwa gempa bumi itu berkekuatan M 2,1.

Bacaan Lainnya

Pencegahan Covid 19

Episenter gempa terletak pada titik koordinat 4.17 Lintang Selatan, 122.63 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 23.7 km, Tenggara Kendari, pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di Tenggara Kendari,” jelas Rosa Amelia kepada WARTALIKA.id

Rosa Amelia menjelaskan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kendari dan Moramo pada skala II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 11.41 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya.

Pewarta : Den

HUT PERSIT KCK

Pos terkait