Tokoh Pemuda: Masyarakat di Papua Selalu Menjadi Korban Hoax

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Beredarnya pemberitaan adanya 4 (empat) warga yang ditembak di Intan Jaya oleh aparat TNI, Tokoh Pemuda Papua yang juga selaku Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua menanggapi pemberitaan yang dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat khususnya di Papua, Rabu (19/02/2020).

Ali A. Kabiay saat dikonfirmasi mengatakan dirinya sangat menyayangkan adanya pemberitaan yang kalau dinilai menguntungkan kelompok tertentu, sedangkan kami warga masyarakat di Papua selalu menjadi korban Hoax.

Bacaan Lainnya

Pencegahan Covid 19

“Berita yang ditayangkan oleh beberapa media online tidak realita, seperti kita ketahui bahwa aparat keamanan khususnya TNI sedang melakukan operasi penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Kabupaten Intan Jaya, bukan melakukan penembakan terhadap masyarakat,” terang Ali.

Media-media yang tidak jelas ini sangat banyak sekali, dan media ini sengaja dibuat untuk membangun opini negatif terhadap pemerintah, media ini menayangkan berita tanpa sumber yang jelas dan memutarbalikan fakta-fakta yang ada di lapangan, sambung Ali.

Ali meminta kepada Dewan Pers agar mengambil tindakan terhadap media-media yang abal-abal atau yang tidak jelas baik tingkat lokal maupun nasional, karena ini dapat mempengaruhi cara berpikir masyarakat atau generasi papua selanjutnya.

“Kalau setiap hari dan setiap saat kita diberikan informasi-informasi yang tidak jelas, maka berita atau informasi tersebut akan menjadi benar, ini dibangun terus-menerus, ini bukan soal keterbukaan publik, tetapi bagaimana media juga ikut membangun generasi papua sebagai media edukasi,” tuturnya.

Kepada masyarakat Ali berpesan, agar tidak langsung percaya dengan berita-berita yang ditayangkan oleh media-media yang tidak jelas, dan kepada aparat Keamanan baik TNI dan Polri yang bertugas menjaga keutuhan NKRI, Ali menyampaikan terima kasih sudah memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Pewarta : FM

HUT PERSIT KCK

Pos terkait