Posko Siaga Didirikan di Pelabuhan Laut Ohoi Mastur Baru

  • Whatsapp
Posko Siaga
Posko Siaga Covid-19
HARI LAHIR PANCASILA

WARTALIKA.id – Covid-19 merupakan isu Internasional sehingga Kepala Puskesmas Danar Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan Kabupaten Maluku Tenggara Hi. Yusuf Warwefubun bersama Tim Medis sudah berada di lokasi Pelabuhan Mastur Baru dengan membentuk Posko Siaga dalam rangka mengantisipasi berjangkitnya Virus Corona terhadap para penumpang keluar masuk melalui Pelabuhan Laut Ohoi Mastur Baru, Selasa 24 Maret 2020.

Kepala Puskesmas Danar Hi. Yusuf Warwefubun saat ditemui di lokasi Posko mengatakan bahwa pihaknya sudah siap membentuk Posko Siaga dalam rangka mengantisipasi virus corona (Covid-19), teristimewa bagi para penumpang masuk/keluar Pelabuhan Laut Mastur Baru agar jangan berjangkit dan meluas ke masyarakat lainnya.

Bacaan Lainnya

Idul Fitri 1441 H

Terkait dengan peralatan medis yang digunakan oleh setiap posko, Warwefubun jelaskan bahwa pihaknya belum memiliki alat deteksi yang canggih menggunakan sinar laser, akan tetapi hanya bersifat manual saja didukung dengan peralatan lainnya tetapi semangat juang mengantisipasi Covid-19 tetap meroket demi kehidupan masyarakat banyak di wilayah ini.

Menyinggung tentang pengasapan (Fogging) pihaknya mengatakan bahwa alat tersebut ada pada Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara, sehingga jika perlu dimanfaatkan maka harus menghubungi Dinas Kesehatan Malra untuk keperluan dimaksud.

“Posko Siaga tersebut dibentuk dengan kekuatan tenaga Medis 6 orang ditambah kepala Puskesmas Danar, dan juga dibentuk di Pelabuhan Laut Uf untuk menjawab kebutuhan jika kapal masuk dan keluar,” papar Warwefubun.

Ia juga menambahkan bahwa pembentukan Posko Siaga ini merupakan suatu kewajiban mutlak, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati berarti pihaknya tidak siap menghadapi ancaman virus Corona tersebut.

Warwefubun juga berharap agar semua elemen masyarakat dapat bekerjasama mendukung pihak medis yang terbentuk dalam Posko Siaga ini.

“Dan lebih lanjut lagi adalah mengutamakan kebersihan diri, keluarga serta lingkungan keberadaannya yang intinya Bersih Diri, Bersih Keluarga dan Bersih Lingkungan, maka dengan demikian kita sekalian akan terhindar dari Virus Corona,” tutup Warwefubun.

Pos terkait