Sebanyak 290 Warga Cibadak Kabupaten Tangerang Mencairkan BLT Dana Desa

  • Whatsapp
Warga Cibadak Kabupaten Tangerang
Warga Cibadak, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang saat mencairkan BLT DD.
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Sebanyak 290 KK warga Desa Cibadak, Kecamatan Cikupa Kab. Tangerang telah mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) yang dikelola Pemerintahan Desa Cibadak.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat dan Kementerian Desa yang telah membuat skema pengalihan sebagian dana desa untuk membantu warga terdampak Covid-19. Juga terima kasih kepada teman-teman kepala desa, camat, beserta dinas terkait yang terus lembur beberapa hari ini untuk menuntaskan pendataan, sehingga BLT bisa cair sejak kemarin,” ucap  Kades Cibadak Adi Sopian (Kovek). Sabtu, (6/6/2020).

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, dalam BLT Dana Desa, setiap KK mendapat Rp.600 ribu per bulan selama tiga bulan, kecepatan penyaluran BLT ini tak lepas dari peran semua pihak yang terus melakukan validasi data calon penerima.

Ini bukan pekerjaan mudah untuk sinkronisasi data. Sekali lagi, kata dia terima kasih kepada bapak/ibu staf desa cibadak dan seluruh tim yang sudah bekerja keras melakukan validasi data sehingga warga bisa mendapatkan manfaat program ini dengan segera.

“Sasaran utama penerima BLT ini, adalah warga miskin yang terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan warga non-DTKS terdampak Covid-19. Mereka diantaranya adalah orang yang kehilangan mata pencaharian akibat covid 19,” ungkap Adi Sopian.

Selain BLT Dana Desa, warga juga mendapatkan skema bantuan lain, mulai dari Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai, BLT Kemensos, dan program bantuan provinsi serta bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Sebagian sudah cair, dan sembako sudah dibagikan, adapun sisanya nanti masih menunggu bantuan provinsi (Banprov) bilamana sudah ada sembakonya nanti akan kami salurkan lagsung untuk warga. Demikian pula Gugus Tugas Covid-19 dari Desa Cibadak dan Kecamatan Cikupa  juga terus menyalurkan bantuan seperti sembako dan masker untuk masyarakat desa cibadak,” ujarnya.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat yang menerima agar dapat mempergunakan bantuan tersebut sebaik baik mungkin. Dan Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat digunakan sebaik mungkin.

Sementara salah satu warga kampung pasir kalong sekaligus menjabat sebagai Ketua RT.01/RW.01 Rustam (45) tahun mengucapkan, rasa syukur dan terima kasih kepada pemerintah. Karena bantuan dari pemerintah sangat berguna dan bermanfaat.

“Semoga kedepannya bantuan dari pemerintah seperti ini terus diberikan kepada warga yang kurang mampu, baik itu berupa sembako dan lain-lain, dan semoga Pandemi covid-19 ini juga segera berakhir, sehingga kami bisa bekerja dan beraktivitas kembali seperti biasa, dan bisa mencari rejeki,” pungkasnya.

Pembagian Bantuan BLT disaksikan dan Dihadiri oleh, Bhabinkamtibmas Desa Cibadak, Bhabinsa Desa Cibadak, Sekertaris Desa, Ketua BPD Desa Cibadak, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Karang Taruna, Jaro, RW, RT setempat serta Ketua Umum LSM Geram Banten, dan beberapa awak media turut menyaksikan pembagian BLTD.

Untuk diketahui, Tetap tidak meninggalkan protokol PSBB dari pemerintah kabupaten tangerang dilakukan tes suhu badan, penyemprotan dengan cairan disinfektan, mencuci tangan menggunakan hand sanitazer ke tangan para penerima bantuan, dan tetap menggunakan masker, serta menjaga jarak aman (2 meter).

Pos terkait