HOAX! Pesan Berantai Catut Disdukcapil 9 Wilayah

  • Whatsapp
HOAX! Pesan Berantai Catut Disdukcapil 9 Wilayah
AGUNG NUROHO

WARTALIKA.id – Sebuah pesan berantai beredar di Whatsapp. dalam pesan yang mencatut Disdukcapil Bandung itu menghimbau agar masyarakat waspada terhadapn mahasiswa yang ingin memfoto ktp untuk kebutuhan skripsi dan digunakan untuk pinjaman online. Disdukcapil Bandung melalui akun twitter dan instagrmnya menegaskan bahwa pesDisdukcapil Bandung tidak pernah mengeluarkan statemen seperti yang beredar pada broadcast WA tersebut.

Narasi isi pesan 

Bacaan Lainnya

Assalamualaikum wr.wb
Di mohon waspada untuk seluruh rakyat Jawa Barat dan Banten terutama wilayah
1. Bandung
2. Bekasi
3. Purwakarta
4. Cirebon
5. Majalengka
6.Pandeglang
7.Serang
8.Lebak
9.Cilegon
Jika ada pemuda/pemudi yang mengatas namakan dari universitas/perguruan tinggi dan meminta anda utk menunjukkan KTP dg alasan sebagai bahan untuk skripsi dan orang tersebut akan memfoto KTP anda, jangan diijinkan. Karena foto KTP tersebut di gunakan untuk peminjaman Online
Ini sudah terjadi di wilayah” tersebut, mohon di waspadai bila ada seseorang meminta untuk menunjukan KTP dan dia ingin memfoto KTP anda.
Berita ini langsung dari disduk Bandung dan Serang.

Penjelasan :

Belum lama ini, beredar pesan berantai di aplikasi Whatsapp yang isinya berupa himbauan kepada masyarakat agar mewaspadai mahasiswa yang megatasnamakan kampus tertentu dan meminta foto KTP untuk kebutuhan skripsi. klaimnya bahwa foto KTP tersebut akan digunakan untuk pinjaman online.
Dalam pesan berantai itu juga disebutkan beberapa wilayah di Jawa Barat serta mencatut nama Disdukcapil Bandung dan Serang.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan bahwa pesan tersebut merupakan berita bohong atau hoaks. Selain itu, Kapolres pun mengungkapkan, ketika dicek, informasi yang dihasilkan dari pesan hoaks itu masih nihil.
“Saya cek masih nihil,” kata dia.
Sementara itu, pihak Disdukcapi Bandung melalui akun remi twitter dan instagramnya menegaskan bahwa pesan berantai tersebut adalah hoaks. Sebab, pihak Disdukcapil Bandung tidak pernah menyatakan statement seperti di dalam pesan itu.

“Sehubungan dg informasi yg tertera dalam broadcast di WA di atas, kami sampaikan bhw Disdukcapil Kota Bandung TIDAK PERNAH MENGELUARKAN STATEMENT TERSEBUT. Namun demikian masyarakat dihimbau tetap waspada dlm pemanfaatan KTP-el utk berbagai aktivitas & pelayanan lainnya. Tks,” tulis akun media sosial Disdukcapil.

REFERENSI:
https://cianjurtoday.com/pesan-hoaks-disdukcapil-bandung-v…/
https://twitter.com/DisdukcapilB…/status/1198259452916318209

Pos terkait