Pj Kepala Ohoi Watngon dan Tim Relawan Fungsikan Pos Gerbang Ohoi

  • Whatsapp
Pos Gerbang Ohoi Watngon
Pos Gerbang Ohoi Watngon

WARTALIKA.id – Sebagai upaya mencegah dan memutus rantai Pandemi Covid 19 maka Pj. Kepala Ohoi Watngon Silfester Avloubun membangun Pos Gerbang Ohoi yang terletak diujung Kampung arah masuk dari Kota, dan saat ini sudah digunakan Tim Relawan Ohoi Watngon untuk menjaga dan mengawasi setiap orang yang hendak turun dan berurusan di Ohoi Watngon yang diawali dengan pemeriksaan suhu tubuh serta protokol kesehatan lainnya, hal ini disampaikan Silfeser Avloubun di kediamannya, Selasa, 14 Juli 2020.

Avloubun (Toran Watngon) sapaan akrabnya mengatakan bahwa sesungguhnya hal ini sudah dilaksanakan sejak Mei 2020, namun dikarenakan keterlambatan perolehan alat tes suhu tubuh orang dan kini sudah dilakukan dengan selalu mengutamakan Protokol Kesehatan.

“Sehingga barang siapa yang tidak menggunakan masker dan cuci tangan pasti disuruh pulang dengan tegas,” kata Avloubun tanpa kompromi.

Bahwa dasar pikir dari Silfester Avloubun sebagai Pj. Kepala Ohoi Watngon Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara, dirinya ditunjuk dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Maluku Tenggara sebagai Pj. Kepala Ohoi untuk melayani masyarakat dan terutama melindungi masyarakat dari berbagai ancaman termasuk COVID 19 yang marak menyebar selama ini.

Avloubun juga menjelaskan bahwa dari sisi Pemerintahan selalu mengedepankan Protokol Kesehatan serta petunjuk Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara. Sedangkan dari sisi Cultur pihaknya bersama lembaga Adat di Ohoi Watngon sudah melakukan ritual Adat yang sudah diwarisi leluhur.

Sementara terkait Agama dirinya bersama umat stasi Watngon pada setiap malam minggu selalu melaksanakan Doa Novena untuk mencegah masuknya Covid 19 di Ohoi Watngon.

“Pembuatan Pos Gerbang Ohoi serta Portal dikerjakan dengan menggunakan Dana Ohoi Watngon tahun 2020 serta kesejateraan Petugas Tim Relawan, dan salah seorang Tim Relawan yang enggan namanya disebut mengatakan bahwa sungguh luar biasa perhatian Bapak Pj. Kepala Ohoi Watngon dan Perangkatnya terhadap hidup dan kehidupan menghadapi Pandemi COVID di Ohoi Watngon,” bebernya.

“Tidak hanya itu, namun juga diarahkan kepada masyarakat untuk membuat Pondok (Rumah Kebun) disetiap kebun usahanya, sehingga ketika Covid 19 merajarela di kecamatan ini maka semua masyarakat Ohoi Watngon kembali berdiam di kebun masing-masing dengan selalu mengutamakan Protokol Kesehatan,” tambah Avloubun.

Avloubun juga mengatakan bahwa Pos Gerbang Ohoi Watngon ini di buat untuk lebih mengutamakan masyarakat Ohoi Watngon yang setiap hari berjualan di Pasar Tradisional Langgur yang setiap saat bertemu langsung dengan para pembeli, serta selalu melakukan transaksi jual beli atas barang bawaan hasil kebunnya, sehingga ketika kembali di Ohoi harus melalui Pos Gerbang Ohoi untuk diperiksa serta mendapat petunjuk saat tiba kembali kerumahnya terlebih dahulu cuci tangan, mandi dan menggantikan pakaian lain baru masuk kerumahnya dan kemudian pakaian kotornya direndam dengan air panas.

“Bahwa barang siapa yang tidak menaati Protokol Kesehatan serta petunjuk teknis yang disampaikan Tim Relawan akan diberikan teguran keras tanpa kompromi. Kami tidak menginginkan satu orangpun dari masyarakatnya terjangkit Pandemi Covid 19,” tegasnya.

Avloubun berharap agar masyarakat tetap waspada serta mematuhi Protokol Kesehatan serta hal hal lain yang disamaikan tim relawan yang sedang bertugas.

  • Whatsapp

Pos terkait