Pos Gerbang Masuk Ohoinol Tetap Siaga 24 Jam

  • Whatsapp
Pos Gerbang Masuk Ohoinol

WARTALIKA.id – Adanya Pandemi Covid 19 di Indonesia maka setiap Kabupaten/Kota bahkan Kecamatan dan Desa/Ohoi selalu siaga untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid 19 di seluruh Desa/Ohoi, termasuk Ohoi Ohoinol Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara, hal ini disampaikan Maria Silitubun anggota Kelompok 5 yang sedang bertugas pada Jumat, 17 Juli 2020.

Maria Selitubun yang panggilan akrabnya (Merry) saat ditanya terkait dengan penjagaan dan pengawasan Kelompok 5 di Pos gerbang Ohoinol itu sempat mengatakan bahwa kelompok tugas dibagi atas 6 kelompok dan dirinya berada pada kelompok 5 yang kebetulan bertugas hari ini Jumat 17 Juli 2020 beranggotakan 5 orang di antaranya Daniel Leftungun sebagai Ketua, Dominika Welikin Anggota, Albertina Ufie Anggota, Bernardus Ohoiledwarin anggota dan Maria Silitubun Anggota.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan tugas kelompok selalu mengacu kepala Protokol Kesehatan serta petunjuk teknis lainnya dari Pj. Kepala Ohoi Ohoinol sebelum melaksanakan tugas tersebut. Bahwa yang diutamakan adalah masyarakat Ohoi Ohoinol yang hendak berjualan ke Pasar Tradisional Langgur adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan terhadap setiap orang adalah harus melalui pemeriksaan suhu tubuh saat hendak pergi ke Kota dan kembali agar dapat mengetahui kondisi tubuhnya.

“Semua barang bawaannya perlu disemprot dan kemudian mencuci tangan dengan fasilitas yang tersedia,” jelas Merry Silitubun serius.

Lebih dari itu juga bagi masyarakat Ohoi Ohoinol yang kembali dari Pasar Tradisional Langgur selalu diarahkan untuk sebelum masuk rumahnya terlebih awal harus mandi bersih dan menggantikan pakaiannya baru boleh masuk rumahnya dan bertemu keluarga, agar menghidar diri dari penularan jika itu sudah terjangkit Covid 19.

“Pos gerbang Ohoi yang terdapat di ujung masuk Kampung Ohoi Ohoinol itu dilengkapi dengan fasilitas cuci tangan, tisu, alat semprot serta obat-obatannya kemudian sejumlah masker yang disediakan bagi orang yang belum memiliki masker serta sejumlah alat administrasi lainnya,” kata Merry.

Merry sempat juga menjelaskan bahwa Pos Gerbang Ohoi tersebut dibiayai dengan Dana Desa Ohoi Ohoinol Tahun 2020, dan ketika ditanya berapa jumlahnya dirinya mengatakan tidak tahu, namun setiap kelompok yang bertugas disiapkan dengan minum makan selama sehari penuh.

“Kami berharap agar setiap masyarakat baik masyarakat Ohoi Ohoinol maupun masyarakat lainnya harus mentaati protokol kesehatan yaitu budaya cuci tangan, pakai masker dan pandai mengatur jarak dalam kegiatan keseharian,” tutup Merry.

  • Whatsapp

Pos terkait