Kadis Perikanan Malra Bertekad Menjemput Lumbung Ikan Nasional

  • Whatsapp
Kadis Perikanan Maluku Tenggara-Iwan Ubro
Kadis Perikanan Maluku Tenggara, Ir. Iwan Ubro M. Si

WARTALIKA.id – Perhatian Pemerintah Pusat terhadap Provinsi Maluku yaitu Provinsi Maluku selain Provinsi Kepulauan, juga Provinsi Lumbung Ikan Nasional (LIN) sehingga Kabupaten Maluku Tenggara juga bertekad sebagai Kabupaten Lumbung Ikan Nasional (LIN).

Hal itu disampaikan Iwan Ubro Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Maluku Tenggara bertempat di ruang kerjanya, Selasa pagi 22 September 2020.

Bacaan Lainnya

Iwan Ubro mengatakan bahwa terkait LIN maka Maluku Tenggara perlu mendorong dengan bekerja keras membangun komunikasi ke tingkat Provinsi Maluku maupun ke Pemerintah Pusat.

Maluku Tenggara sudah memiliki infrastruktur darat (jalan dan jembatan) yang sudah cukup memadai, namun kata dia disisi lain terkait Infrastruktur Pelabuhan Ikan Tangkap dan Kapal Tangkap ikan relatif belum ada.

“Untuk itu kami sudah berkoordinasi dengan pihak Bappeda Maluku Tenggara dan juga melaporkan hal tersebut kepada Bupati Maluku Tenggara agar mendapat skala prioritas ke Pemerintah Pusat,” kata Iwan Ubra penuh harap.

Iwan Ubro juga menambahkan bahwa wilayah Maluku Tenggara sangat berpotensi, baik potensi Sumber Daya Alam lautnya maupun Sumber Daya Manusia. Data yang diperoleh setiap tahun bahwa hasil tangkap ikan sudah mencapai 3.335 ton/tahun, itupun masih kurangnya sarana kapal tangkap ikan yang lengkap maka akan memberikan kontribusi pendapatan yang menjanjikan.

Untuk itu dirinya sebagai Kadis Perikanan Malra berharap agar semua pihak di daerah Malra bersatu maju menjemput LIN untuk Kabupaten Maluku Tenggara tercinta ini.

“Kami sudah menyiapkan proposal untuk LIN yang akan disampaikan kepada Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Maluku serta Perwakilan Rakyat maupun Daerah yang ada di Jakarta untuk mendorong percepatan LIN di Kabupaten Maluku Tenggara,” ungkap Iwan Ubro sambil menunjukan proposal tersebut.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Maluku Tenggara berada pada segitiga terumbuh karang dunia serta Maluku memiliki 3 laut besar yaitu Laut Seram, Laut Banda dan Laut Arafura dimana Maluku Tenggara berada di kawasan laut Arafura yang potensinya sangat besar itu.

“Kita harus cepat menjemput bola LIN, kemudian terkait persoalan Infrastruktur maka kita siap dengan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi, namun terkait infrastruktur kelautan dan perikanan maka kita kalah karena belum memiliki infrastruktur pelabuhan tangkap Ikan representatif,” tambah Iwan.

Ditanya terkait harapannya sendiri, Iwan menegaskan, kita Maluku Tenggara siap jalan, namun hanya saja terhambat dengan adanya pandemi Covid 19.

Pos terkait