Pemkab Malra Genjot Program Peningkatan Kualitas Koperasi dan UMKM

  • Whatsapp
Sara Far-Far, Kadis Koperasi dan UMKM Maluku Tenggara
Sara Far-Far, Kadis Koperasi dan UMKM Maluku Tenggara

WARTALIKA.id – Pandemi Covid 19 sungguh berpengaruh terhadap pertumbuhan Ekonomi Nasional termasuk Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Maluku Tenggara, olehnya itu Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melaksanakan berbagai program dan kegiatan pemberdayaan dengan tujuan meningkatkan kualitas Koperasi dan UMKM.

Hal tersebut disampaikan Sara Far-Far, Kadis Koperasi dan UMKM Maluku Tenggara usai kegiatan penyerahan bantuan kepada penerima manfaat di pelataran Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Maluku Tenggara, 1 Oktober 2020 lalu.

Bacaan Lainnya

Far-Far katakan bahwa baik kelembagaannya, usaha maupun permodalannya agar menjadi usaha yang tangguh, kuat menghadapi situasi dan kondisi yang semakin tidak stabil ini.

“Untuk mempertahankan kontinuitas usaha koperasi yang berjumlah 338 dan UMKM sebanyak 7661 tidaklah semudah itu, apalagi diperhadapkan dengan menyebarnya wabah Covid 19 di seluruh persada nusantara ini. Hal ini membutuhkan program strategis dan tanggap agar mampu menjawab semua persoalan yang dihadapi dunia usaha saat ini,” katanya.

Ditambahkannya, bahwa selain penyerahan bantuan kepada koperasi dan pelaku UMKM saat ini, akan tetapi pihak pemerintah daerah menyerahkan juga Isi TPK kepada 11 Koperasi.

Bukan saja itu akan tetapi pihaknya juga mengusulkan Pelaku Usaha Mikro sebagai Calon penerima bantuan Presiden RI kepada Kementerian Koperasi dan UMKM RI dan telah mendapat Verifikasi untuk siap menerima bantuan tersebut sebanyak 2000 usaha Mikro yang pencairannya berjalan hingga Desember 2020 nanti,

“Diharapkan agar bantuan ini menjadi stimulan usaha bagi Koperasi dan Pelaku UMKM sebagai pilar penyangga perkonomian di Kabupaten Maluku Tenggara tercinta ini,” tambah Far-Far.

Lebih lanjut Far-Far menjelaskan bahwa maksud pemberian bantuan kepada koperasi dan pelaku UMKM ini adalah meningkatkan Koperasi menjadi Lembaga Ekonomi yang kuat dan tangguh dalam menggerakan roda perekonomian Daerah.

“Juga bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro untuk meningkatkan daya saing dan kontinuitas usaha ditengah Pandemi Covid 19, sedangkan bantuan PKL  untuk meningkatkan pendapataan usaha, serta meningkatkan kesempatan berusaha bagi pelaku ekonomi kreatif,” tegasnya.

Menurutnya dari jumlah koperasi sebagaimana tersebut diatas sebanyak 10 koperasi yang berhak menerimanya dan diwakili 4 koperasi yang siap menerimanya.

Sedangkan usaha mikro, kata dia sebanyak 130 yang diwakili 18 Usaha Mikro diserahkan juga 10 paket komputer kepada koperasi, 10 Pondok Wisata kepada anggota koperasi, 12 paket peralatan usaha dilokasi wisata, 10 Paket Sembako untuk usaha Mikro, 10 Paket Lemari Kaca  untuk UKM dan 50 paket bantuan untuk PKL.

Turut hadir dalam kegiatan ini, M. Taher Hanubun Bupati Maluku Tenggara, Pimpinan dan Anggota DPRD Malra, Para Staf Ahli dan Asisten Sekda Malra, Para Kepala SKPD dan sejumlah undangan lainnya serta peserta penerima bantuan.

Bupati M. Taher Hanubun menegaskan agar para pelaku Koperasi dan Pelaku UMKM agar sedapatlah jadikan diri anda sebagai pilar penyangga perekonomian daerah tercinta ini.

“Jangan sampai ada yang menjual kembali bantuan tersebut, tapi jika sudah menerimanya hendaklah bergerak sebagai pelaku usaha yang baik dan produktif,” tutupnya.

Pos terkait