Anugerah ASN 2020, Terpilih 30 Nomine Maju ke Tahap Wawancara

  • Whatsapp

WARTALIKA.id – Sebanyak 30 nomine Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020 yang terpilih akan menjalani tahap wawancara sebagai tahapan seleksi lanjutan.

Sebelumnya, 100 nomine telah melewati seleksi tahap II dan akhirnya terpilih 30 nomine untuk seluruh kategori yang ditetapkan dewan juri.

Bacaan Lainnya

“Masing-masing kategori menyisakan 10 nomine untuk mengikuti tahapan wawancara bersama dewan juri yang akan dilakukan secara daring,” ujar pelaksana tugas (Plt) Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Teguh Widjinarko di Jakarta, Kamis (29/10).

Daftar nomine yang lolos seleksi tahap II tersebut tercantum dalam Pengumuman No: 196/SM.99/2020 tentang Hasil Seleksi Tahap II Anugerah ASN Tahun 2020. Pengumuman tersebut memuat nomine dari ketiga kategori, yakni PPT Teladan, PNS Inspiratif, dan The Future Leader.

Dijelaskan, ketiga puluh nomine akan dihubungi oleh masing-masing narahubung sesuai dengan kategori mengenai permintaan kelengkapan data untuk kebutuhan wawancara.

Dalam pengumuman yang ditandatangani pada 27 Oktober 2020 tersebut juga disampaikan bahwa tahapan wawancara sebagai seleksi tahap III akan dilakukan sesuai dengan mekanisme dan alur penyelenggaran kegiatan Anugerah ASN Tahun 2020.

Teguh kembali menegaskan, keputusan akan hasil seleksi adalah tetap dan tidak dapat diubah. “Keputusan Panitia Seleksi Anugerah ASN Tahun 2020 bersifat final,” ucapnya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Dewan Juri Anugerah ASN 2020 Helmy Yahya berpesan kepada para nomine bahwa komunikasi berperan penting dalam tahapan wawancara.

“Salah satu poin untuk menjadi inspirasi bagi banyak orang adalah bagaimana kemampuan komunikasi yang dimilikinya,” tuturnya.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka para nomine dapat menampilkan pesan yang dibawanya. Dia juga menyampaikan bahwa data dari para nomine telah ada, tinggal bagaimana penyampaiannya.

“Siapkan diri, siapkan presentasi dan materi yang harus disampaikan. Buatlah dewan juri terpukau,” jelas Helmy.

Menurut dia, tahap wawancara dengan dewan juri direncanakan akan dilakukan pada November 2020.

Sebelumnya, seleksi tahap II telah berlangsung selama tujuh hari terhitung sejak 20 Oktober 2020, dimana dewan juri mendalami persona nomine melalui portofolio dengan menilai empat instrumen penilaian, yakni inspirasi, inovasi, dampak, dan kepemimpinan.

“Setelah tahap wawancara, nantinya akan dipilih 15 nomine untuk seluruh kategori. Kemudian di acara puncak, akan dipilih tiga terbaik untuk masing-masing kategori,” katanya.

Pos terkait