Ketua LSM Kompak: Dewas PD Pasar NKR Kabupaten Tangerang Harus Sosok yang Bernyali

  • Whatsapp
Ketua LSM Kompak Retno Juarno
Ketua LSM Kompak Retno Juarno

WARTALIKA.id – Perspektif negatif muncul ketika kinerja Dewan Pengawas (Dewas) PD Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR) Kabupaten Tangerang yang dinilai tidak bekerja dengan maksimal. Hal itu lantaran adanya dugaan praktik yang merugikan keuangan PD Pasar NKR yang luput dari pengawasan.

Kritikan tajam muncul dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komunitas Masyarakat Pemberantas Korupsi (Kompak) yang menyayangkan fungsi Dewas tersebut.

Bacaan Lainnya

“Dewas PD Pasar NKR Kabupaten Tangerang tidak menjalankan fungsinya dengan baik.Munculnya sejumlah persoalan di tubuh PD Pasar NKR Kabupaten Tangerang, memunculkan penilaian fungsi pengawasan di internal perusahaan pelat merah itu sangat buruk,” ucap Ketua LSM Kompak Retno Juarno dilansir dari Banten24.com grup WARTALIKA.id. Kamis malam (19/11/2020).

Pria yang akrab disapa Haji Bejo ini juga menjelaskan, adanya dugaan penyelewengan dan lemahnya pengawasan menegaskan sistem manajemen di tubuh PD Pasar NKR sangat buruk. Dewas tidak bekerja secara profesional.

“Kalau Dewas melakukan tugasnya dengan baik, tidak akan terjadi praktik gelap yang akan merugikan PD Pasar NKR Kabupaten Tangerang. Kalau terjadi seperti ini (penyelewengan, red), maka yang harus dilakukan adalah perbaikan ditubuh Dewas, Dewas harus dipimpin sosok yang bernyali,” kata Retno.

Diketahui LSM Kompak menyoroti sejumlah masalah di PD Pasar NKR Kabupaten Tangerang diantaranya soal pembangunan pasar yang disinyalir tidak ada perizinan, tapi pembangunan tetap berjalan, juga dugaan indikasi manipulasi belanja material.

Lebih lanjut Retno menegaskan, jika Dewan Pengawas bekerja profesional maka dipastikan oknum-oknum yang berbuat kecurangan semakin sulit untuk melakukan tindakan penyelewengan karena terus dipantau.

Ketua LSM Kompak itu juga menyoroti proses tahapan akhir seleksi calon dewan pengawas yang dilakukan Panitia Seleksi Bakal Calon PD Pasar NKR Kabupaten Tangerang.

“Panitia telah menetapkan tiga calon dewan pengawas dimana telah masuk pada tahapan akhir seleksi calon. Kami berharap proses seleksi ini dilakukan lebih transparan dan akuntabel, Dewas harus memiliki kemampuan dan keahlian sesuai keilmuan yang di butuhkan di perusahaan tersebut,” imbuhnya.

Editor : Drey

Pos terkait