Pembangunan Irigasi Bagi Petani Abean Kamear Berbuntut Mubazir

  • Whatsapp
Tower Bak Irigasi di Ohoi Abean Kamear Kec. Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara yang mubazir
Tower Bak Irigasi di Ohoi Abean Kamear Kec. Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara yang mubazir

WARTALIKA.id – Pembangunan Sarana Irigasi yang diperuntukan bagi Petani Ohoi Abean Kamear yang menelan dana kurang lebih Rp 9 ratusan juta itu berbuntut mubazir, karena tak setetes air pun dapat mengalir melalui bak penampung tersebut. Hal ini merupakan hasil pantauan WARTALIKA.id, Rabu 18 November 2020 saat meninjau ke lokasi tersebut.

Sungguh sangat disesalkan karena bisa terjadi adanya berita acara penyelesaian pekerjaan namun tidak bermanfaat pada peruntukannya dan sampai dengan berita ini naik online belum diketahui nama Kontraktor Pelaksana serta nilai dana yang disepakati Kontraktor. Dan lebih ironisnya lagi pihak pemeriksa bisa dapat menutup mata terhadap pelaksanaan kegiatan serupa.

Bacaan Lainnya

Seharusnya hal itu diutamakan dilakukan survey detail untuk mendapatkan sumber air barulah menentukan tempat dibangunnya sarana irigasi dimaksud, namun sebaliknya lebih awal membagun bak penampung air yang terletak jauh dari sumber air maka berakhir dengan mubazir.

Sementara masyarakat Ohoi Abean Kamear merasi kecewa dan meminta kepada pihak terkait (BPK RI Perwakilan Prov Maluku) untuk segera melakukan audit terhadap kegiatan pembangunan irigasi tersebut.

“Kami disini merasakan kecewa, karena pembangunan irigasi bagi petani abean kamear ini tidak setetes air pun dapat mengalir melalui bak penampung,” ucap salah satu warga yang enggan namanya disebutkan, saat dikonfirmasi belum lama ini.

Dirinya juga meminta kepada pihak DPRD Provinsi Maluku maupun Malra agar lebih massif membelah hak-hak para petani.

“Semoga Bapak/Ibu yang berada di Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Maluku maupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara janganlah menutup mata dan berdiam diri terhadap semua kegiatan yang dibangun dan dilaksanakan di Ohoi Abean Kamear Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara,” pintanya.

Dilokasi yang hampir berdekatan saat ini sedang dibangun Embung bagi para petani Ohoi Abean Kamear tapi pertanyaannya apakah bisa melayani para petani setempat….????

Untuk itu dimintakan perhatian kepada pihak terkait agar segera melakukan monitoring serta melakukan evaluasi terhadap semua kegiatan yang sedang dibangun di lahan hamparan tersebut, karena akan terjadi hal yang sama lagi, apalagi penempatan tidak tepat pada posisinya tanpa survey lebih awal.

Baik Embung maupun Proyek Irigasi jika hendak dibangun di lahan kebun petani, baiklah dilakukan survey sehingga tepat sasaran serta tepat guna dan jangan kelak menjadi sebuah hiasan belaka di area kebun petani.

Sungguh prihatin juga melihat  proyek yang menelan ratusan juta ini mubazir tanpa guna sedikitpun, hal ini menunjukan bahwa adanya perencanaan yang tak matang dan pasti, sehingga penempatan kegiatan pun memberikan akibat buruk kepada penerima manfaat dalam hal ini para petani Ohoi Abean Kamear sendiri.

Pos terkait