WARTALIKA.id – Ancol, Jakarta Utara resmi terpilih dan ditunjuk sebagai lokasi sirkuit lintasan balap Formula E Jakarta pada 4 Juni 2022 mendatang. Hal ini disampaikan Pelaksana Harian Formula E. Ahmad Sahroni dalam konferensi pers di Ancol, Rabu (22/12/2021).

“Diberikan persetujuan (Federasi Otomotif Internasional) sirkuit penyelenggaraan Formula E di Ancol. Mengapa Ancol, pertama dinamis dinamis, ikon Jakarta,” ujar  Sahroni.

Menurut dia, ada lima kandidat lokasi untuk mengajukan kepada Formula E Operation (FEO) yang memiliki cerita Jakarta. Lintasan Formula E itu harus lintas jalan raya.

“Ada Gelora Bung Karno, Sudirman-Thamrin, Pantai Indah Kapuk, Kemayoran, dan Ancol. Lima lokasi pilihan untuk penyelenggaraan Formula E semuanya bagus,” katanya.

”SPACEIKLAN”

Namun, pihaknya masih harus menunggu persetujuan dari Formula E Operations (FEO) untuk memilih lokasi mana yang terbaik untuk menggelar Formula E.

Sahroni juga mengatakan setidaknya ada dua manfaat digelarnya Formula E di Ancol.

“Baik dari sisi lokasi, pendapatan branding segala macam, itulah mengapa persetujuan FIA dan FEO di Ancol,” jelasnya.

“Jadi tidak perlu lagi bangun sirkuit dari nol, karena Formula E beda dengan Formula 1. Yang dibangun seperti Mandalika, yang eksis dalam konteks balapan Formula 1,” tambah Sahroni.

Sementara itu, Co-Founder Formula E, Alberto Longo menyebut tiket ajang balap mobil listrik itu akan segera dijual tahun 2022. Tiket dijual setelah Ancol dipastikan menjadi lokasi balapan salah satu seri Formula E 2022.

“Untuk tiket akan dijual segera mungkin, kita akan buat pengumuman awal tahun depan, di mana, dan kapan kalian bisa membeli tiket,” terang Longo.

Diberitakan sebelumnya, Ancol resmi ditunjuk sebagai lokasi sirkuit penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022. Ancol ditunjuk sebagai lokasi sirkuit Formula E setelah melalui kajian panjang bersama pihak Formula E Operations sebagai wakil Federasi Otomotif Internasional (FIA).