AARTALIKA.id – Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan mengindari aktivitas di tempat-tempat ramai atau yang biasa menyebabkan kerumunan di akhir pergantian tahun. Hal ini untuk antisipasi penyebaran transmisi lokal kasus varian baru Covid-19 jenis Omicron.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari terlebih dahulu lokasi atau aktivitas yang memungkinkan adanya kerumunan. Kita harus sama-sama mencegah agar kasus Omicron di Indonesia tidak semakin meluas,” kata Puan, Selasa (28/12/2022).

Sekedar informasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan kasus pertama transmisi lokal Omicron di mana pasien diketahui tidak melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu dekat, namun pernah mendatangi sebuah restoran di pusat kota Jakarta.

“Terutama pada momen libur akhir tahun ini. Kita harus pahami bersama agar euforia kerumunan pergantian tahun diperingati secara bijaksana dengan membatasi aktivitas yang berisiko memunculkan terjadinya penularan Omicron,” ujarnya.

”SPACEIKLAN”

Puan juga mengingatkan Pemda agar betul-betul memantau mobilitas/kerumunan warga di daerahnya masing-masing. Khususnya pada momen malam pergantian tahun baru agar tidak ada kegiatan yang menimbulkan keramaian/kerumunan.

“Merayakan pergantian tahun cukup bersama keluarga atau ‘bubble’ masing-masing di rumah mengingat varian Omicron sangat cepat penyebarannya. Maka kesadaran dari masyarakat untuk tidak menimbulkan kerumunan menjadi salah satu faktor penting untuk menghindari lonjakan kasus Covid-19 di kemudian hari,” paparnya.

Mantan Menko PMK ini juga mendukung kebijakan pemerintah yang melarang warga negara indonesia (WNI) untuk keluar negeri sementara waktu. Diingatkan pula, Omicron masih bisa menyerang orang yang sudah divaksinasi lengkap dan memiliki imunitas dari infeksi sebelumnya.