WARTALIKA.id – Usai libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di terminal Kalideres, Jakarta Barat mulai sepi. Kondisi ini diakui Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen, Kamis (13/1).

Revi mengatakan, usai libur Natal dan Tahun Baru 2022 tidak terjadi lonjakan penumpang yang signifikan. Selama masa pandemi rata-rata jumlah penumpang di terminal Kalideres dibawah 100 orang per hari. Berbeda saat jelang libur Nataru terjadi peningkatan penumpang sekitar 300 orang per hari.

“Terjadi peningkatan sebanyak 300 penumpang bus AKAP yang diberangkatkan dari terminal Kalideres saat libur Nataru,” ujar Revi saat ditemui di kantornya.

Hal ini seiring Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2 selama 14 hari, mulai 4 -17 Januari 2022. Hal tersebut ditetapkan dalam Keputusan Gubernur No 3 Tahun 2022 Tentang PPKM Level 2 COVID-19.

”SPACEIKLAN”

Revi juga mengungkapkan, sebelum pandemi Covid-19, dulu jumlah penumpang di terminal Kalideres bisa mencapai 2.000 orang per hari.

“Sejak masa pandemi, di masa PPKM di bawah 100 orang per hari,” jelasnya.

Kendati demikian, Revi mengingatkan kepada calon penumpang yang akan menggunakan jasa layanan bus AKAP di terminal Kalideres agar memerhatikan persyaratan yang berlaku.