WARTALIKA.id – Kereta api (KA) Cikuray rute Garut- Pasar Senen mulai resmi beroperasi hari ini Jumat (25/3/2022). Masyarakat dapat menggunakan layanan KA Cikuray di beberapa stasiun wilayah Daop 1 Jakarta, antara lain dari Stasiun Pasar Senen, Bekasi, Karawang, dan Cikampek.

Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, KA Cikuray akan berhenti melayani naik turun penumpang di beberapa stasiun wilayah Daop 1 Jakarta antara lain Stasiun Pasar Senen Bekasi, Karawang, dan Cikampek.

“Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan KA Cikuray pemesanan tiketnya dapat melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, dan channel resmi penjualan tiket KAI lainnya,” kata Eva dalam keterangannya kepada WARTALIKA.id0, Jumat (25/3) sore.

Ia menjelaskan, KA Cikuray menggunakan tarif Public Service Obligation (PSO) yaitu Rp 45.000 untuk rute Garut- Pasar Senen pulang pergi (PP).

”SPACEIKLAN”

“KA Cikuray merupakan KA jarak jauh yang terdiri dari 7 kereta ekonomi dengan kapasitas total 560 tempat duduk,” ujar Eva.

Adapun KA Cikuray memiliki dua jadwal keberangkatan yaitu:

1. KA 7047 Relasi Garut – Pasar Senen berangkat Garut pukul 07.05 WIB datang Pasar Senen pukul 13.32 WIB.

2. KA 7048 Relasi Pasar Senen – Garut berangkat Pasar Senen pukul 17.55 WIB datang Garut pukul 00.53 WIB.

Menurut Eva, Sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 25 Tahun 2022, pelanggan KA jarak jauh yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua (lengkap) atau ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen pada saat proses boarding.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan KA Jarak Jauh: