WARTALIKA.id – Dalam rangka memberikan pemahaman dibidang intelijen, Korem 071/Wijayakusuma berikan Sosialisasi Bidang Intelijen Teknik Tahun 2022, di Gedung Pertemuan A Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas, Selasa(09/08/2022).

Sosialisasi bidang Intelijen Tekni Tahun 2022, disampaikan oleh tim sosialisasi bidang Intelijen Teknik dari Sintelad dipimpin Letkol Chb Dayat Dwi Ariyanto (Pabanya-3/ Binmatsus Sin Spaban-5/Inteltek Sintelad).

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Candra, mengatakan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat serta hadirnya jaringan 5G di Indonesia, akan menyebabkan timbulnya banyak celah bagi siapa saja yang ingin melakukan tindakan yang dapat mengganggu stabilitas nasional dan ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri. Menilik hal tersebut, sebagai aparat intelijen dituntut dan harus mampu berperan maksimal.

Dikatakan, untuk memenuhi standar kemampuan dan keterampilan intelijen, aparat intelijen dapat membangun komunikasi dengan mitranya sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya. Disamping itu, harus peka, tajam dan tanggap serta mampu menganalisa dan mengamati setiap gelagat perkembangan situasi yang terjadi. “Aparat intelijen juga harus mampu menyajikan informasi-informasi intelijen kepada pimpinan secara cepat, tepat, akurat dan profesional”, jelasnya.

”SPACEIKLAN”

Menurut mantan Dansat-81/Gultor Kopassus ini, apabila dihadapkan dengan perkembangan saat ini, satuan intelijen mempunyai posisi strategis sebagai sistem deteksi dini ditengah masyarakat dalam meredam dan menindak setiap gerakan yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa serta membahayakan keutuhan NKRI.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan ini, Kolonel Yudha mengatakan, sosialisasi intelijen teknik ini sangat penting bagi kesiapan personel intelijen khususnya bagi personel Tim Intel dan pejabat Intel di jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

“Pahami, serap materi dengan kesungguhan dan semangat, sehingga akan memberikan hasil yang optimal untuk menunjang tugas kedepan yang semakin kompleks ini. Selain itu, selalu bertekad menjadi insan intelijen yang tangguh dan membanggakan satuan”, himbaunya.

Danrem juga berharap, agar aparat intelijen jajaran Korem 071/Wijayakusuma mampu melaksanakan tugasnya secara profesional dengan cara terus meningkatkan kemampuan deteksi dini dan cegah dini serta temu dan lapor cepat terhadap setiap perkembangan situasi yang terjadi, utamanya yang dapat menimbulkan potensi konflik.

Sementara itu, Katim Sosialisasi bidang Intelijen Teknik Sintelad Letkol Chb Dayat Dwi Ariyanto membacakan amanat Asintel Kasad mengatakan maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan sekaligus memberikan gambaran tentang validasi organisasi yang ada di Mabesad khususnya Sintelad lebih khusus lagi di Spaban-V/Inteltek Sintelad.